Thailand Siap Uji Coba Vaksin Disemprot ke Hidung

Ilustrasi Vaksin

Bangkok, KabarBerita.id — Thailand siap melakukan uji coba vaksin covid-19 yang disemprot ke hidung kepada manusia pada akhir tahun ini.

Dilansir Reuters, Rabu (11/8), pejabat pemerintah Thailand mengungkapkan uji coba kepada manusia dilakukan setelah memperoleh hasil yang menjanjikan dari uji coba ke tikus.

Wakil Juru Bicara Pemerintah Ratchada Thanadirek menyatakan dua vaksin corona yang diberikan dengan semprotan hidung saat ini masih dikembangkan oleh Pusat Nasional untuk Rekayasa Genetika dan Bioteknologi. Vaksin itu didasarkan pada adenovirus dan influenza.

Ratchada menambahkan uji coba kepada manusia pada tahap pertama akan dilakukan akhir tahun, setelah mendapat persetujuan dari regulator makanan dan obat setempat.

Menurut Ratchada, uji coba tersebut juga akan menguji keampuhannya dalam melindungi dari varian Delta.

Uji coba dilanjutkan dengan tahap kedua yang akan jatuh tempo pada Maret tahun depan. Apabila hasilnya menggembirakan, target produksi untuk penggunaan yang lebih luas pada pertengahan 2022/

Penelitian telah dilakukan sejumlah negara di dunia untuk mengembangkan semprotan hidung dalam membantu mencegah dan mengobati Covid-19, terutama setelah lapisan hidung diidentifikasi sebagai titik masuk utama virus.

Sementara itu, vaksin buatan Thailand lainnya, vaksin mRNA Universitas Chulalongkorn dan virus tidak aktif yang dikembangkan oleh Universitas Mahidol, akan memulai uji coba fase kedua kepada manusia bulan ini.

Sejauh ini, kampanye vaksinasi Thailand menggunakan suntikan Sinovac(SVA.O), AstraZeneca(AZN.L)dan Sinopharm dari China. Vaksin Pfizer(PFE.N)/BioNTech(22UAy.DE)diberikan sebagai suntikan pendorong ketiga untuk pekerja medis garis depan yang telah menerima dua dosis Sinovac.

Berdasarkan data terakhir, sekitar 6,8 persen dari populasi Thailand yang berjumlah lebih dari 66 juta orang telah menerima dua dosis vaksin covid-19.

Tinggalkan Balasan