Ternate Gelar Syukuran Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

Ternate, KabarBerita.id — Kesultanan Ternate, Maluku Utara (Malut), menggelar syukuran dan tahlilan pada 10 November 2020 di pendopo Kesultanan Ternate atas anugerah gelar pahlawan nasional untuk Sultan Baabullah Datuk Sjah.

“Seluruh perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat menggelar syukuran atas penganugerahan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional. Pada 14 November nantinya menerima perwakilan ahli waris. Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman tiba dari Jakarta akan mendapat sambutan antusias dari perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat,” kata Kapita Lao Kesultanan Ternate Ayhar Do Basir, usai mengikuti tahlilan di Pendopo Kesultanan Ternate, Selasa (10/11).

Menurut dia, tahlilan dan syukuran ini merupakan keinginan dan niat luhur dari seluruh elemen yang memperjuangkan agar Sultan Baabullah dianugerahi gelar pahlawan nasional, karena perjuangannya mengusir penjajah dari Jazirah Moloku Kieraha pada abad ke-16.

Dirinya berharap di masa depan seluruh elemen, seperti LSM Karamat hingga pemerintah daerah, yang telah menunjukkan keseriusannya mengusulkan Sultan Baabullah Datuk Sjah sebagai pahlawan nasional harus bersama-sama mengusulkan kembali Sultan Muhammad Djabir Sjah sebagai pahlawan nasional.

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate M. Saiful Arsyad mengatakan, setelah penganugerahan itu pemkot akan melakukan penjemputan di Kota Ternate pada Sabtu (14/11). Menurut Saiful, penjemputan akan melibatkan warga, namun tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan.

“Nantinya akan dilanjutkan dengan syukuran dipusatkan di kedaton Kesultanan Ternate, dan itu juga sudah dikoordinasikan dari dinas sosial,” kata Saiful.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here