Terkena Penyakit Langka Dari Makanan Mentah, Perempuan Thailand Mengalami Kebutaan

Jakarta, KabarBerita.id — Seorang perempuan di negara Tailand mengalami buta permanen pada salah satu matanya, setelah tertular penyakit langka karena memiliki kebiasaan makan makanan mentah.

Perempuan tersebut berusia 40 tahun yang berasal dari provinsi phitsanulok ini menderita penyakit cacing paru-paru tikus. Seperti namanya cacing tersebut biasanya ditemukan pada paru-paru tikus. Larva cacing kemudian ditularkan dari tikus melalui kotorannya.

Setelah cacing itu dewasa mereka biasanya menuju ke kerang air tawar dan juga udang. Ketika memakan udang dan kerang mentah yang terjangkit, maka cacing dapat berpindah ke tubuh manusia dan kemudian menginveksi organ tubuh.

Penyakit ini adalah penyakit yang sangat langka di dunia. Menurut Naresuan University Hospital (NUH), Hanya ada 50 orang di seluruh dunia yang Pernah terkena penyakit ini.

Dikutip Bangkok post, Dokter Sirinan Triyavechakul menjelaskan bahwa perempuan tersebut mengeluhkan penglihatannya yang kabur selama satu minggu sebelum mendapatkan pengobatan. Sirinan adalah dokter yang merawat perempuan tersebut.

Dalam hasil pemeriksaan menunjukkan mata perempuan tersebut terinfeksi penyakit yang biasanya mempengaruhi otak dan juga Sumsum tulang belakang.

Dokter lainnya yakni Kanin LuwengSawang, mengatakan bahwa perempuan tersebut telah diberi pengobatan anti parasit dan antibiotik. Perempuan itu juga sempat menjalani operasi, namun operasi tersebut gagal menyelamatkan pengelihatannya karena matanya sudah rusak parah oleh cacing.

Penyakit ini sendiri dapat dicegah dengan menghindari konsumsi makan makanan mentah.

Tinggalkan Balasan