Berita  

Teknologi VAR Picu Kontroversi di Piala Dunia

Rusia, KabarBerita.id — Sistem tinjauan ulang video yang dimaksudkan untuk memperbaiki kekeliruan-kekeliruan wasit kini menjadi lebih diperhitungkan, ketika teknologi itu memainkan peran penting saat Prancis menang 2-1 atas Australia di Piala Dunia 2018 pada Sabtu.

Penyerang Prancis Antoine Griezmann mencetak gol dari penalti perdana yang dihadiahkan di Video Asisten Wasit (VAR) di Piala Dunia, setelah ia dijatuhkan tekel bek Socceroos Josh Risdon di dalam kotak terlarang.

Wasit Andres Cunha awalnya berpikir itu adalah tekel bersih, namun kemudian meminta melihat video rekaman, dan setelah menimbang selama beberapa saat, ia menghadiahkan tendangan penalti.

Griezmann mengarahkan bola ke sudut kanan melewati kiper Australia Mathew Ryan, memicu kegembiraan dari para penggemar Prancis namun disambut cemoohan dari para penggemar Australia di Kazan Arena.

Griezmann meyakini bahwa dirinya dijatuhkan secara ilegal dan merasa bahwa VAR telah menunaikan tugasnya dengan baik.

Bagaimanapun, pelatih Australia Bert van Marwijk tidak senang dengan keputusan itu dan merasa bahwa wasit asal Uruguay Cunha masih belum dapat menentukan dengan baik bahkan setelah melihat tayangan ulang.

“Saya berharap bahwa mungkin pada suatu waktu akan ada wasit (yang) sangat jujur,” kata pelatih Belanda itu, yang secara prinsip tidak pernah menjadi penggemar teknologi, kepada para pewarta. “Ketika Anda, berada di momen itu, Anda sendiri akan menuju layar video, saya melihat ia berdiri di sana.”

Tinggalkan Balasan