Teh Impor Kalah Sehat dengan Teh Asli Indonesia

  • Bagikan
Perkebunan teh Indonesia

Jakarta, KabarBerita.id — Teh diketahui memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Akan tetapi diantara kita pasti belum mengetahui bahwa dibandingkan dengan teh impor, teh yang berasal dari perkebunan Indonesia lebih menyehatkan.

Pada 2018 lalu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan riset dengan mencoba lihat perbandingan kandungan teh asal Indonesia dengan teh yang diimpor.

“Teh Indonesia memiliki manfaat lebih menyehatkan karena antioksidannya paling tinggi,” tutur Rohayati Suprihatini selaku peneliti sekaligus ahli riset perkebunan Nusantara.

Camellia sinensis merupakan tanaman asal muasal dari teh. Tanaman tersebut mengandung 5 sampai 8% antioksidan. Namun dalam hasil riset menunjukkan kandungan antioksidan rata-rata teh yang ada di Indonesia ialah di angka 13%, bahan teh premium Indonesia seperti wi-fi memiliki kadar antioksidan hingga 16%.

Rohayati menambahkan bahwa dalam teh asal perkebunan Indonesia terdapat kandungan katekin yang lebih tinggi. Katekin merupakan jenis senyawa antioksidan yang biasa terkandung dalam tanaman. Katekin tidak berwarna, akan tetapi sangat mempengaruhi warna rebusan dari teh dan sebagai penghasil aroma.

Tingginya antioksidan yang terkandung di dalam teh asal Indonesia mampu menangkal radikal bebas secara efektif. Bahkan ampuh untuk melawan penyakit kanker.

Rohayati menegaskan meski teh kemasan kadang terdapat campuran daun dan batang teh tetapi kandungan antioksidannya masih di atas 8%. Menurutnya semakin hitam warna teh, maka semakin bagus.

Di dalam teh juga banyak terkandung flavonoid. Irmanida Batubara selaku Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika dari LPPM IPB menemukan hal tersebut dalam risetnya.

Flavonoid merupakan senyawa yang termasuk dalam jenis polifenol. Di dalam tubuh polifenol merupakan agen antioksidan juga sebagai penangkal racun. manfaat dari mengonsumsi flavonoid ialah bisa mencegah kerusakan sel serta menjaga metabolisme tubuh.

Setiap teh yang tersebar di dunia ini memiliki kandungan flavonoid yang berbeda-beda yang mana kesemuanya baik untuk kesehatan tubuh. Jenis flavonoid di antara lain ialah katekin, thearubigins, procyanidins, dan theaflavins. Unik nya Teh di yang ada di Indonesia memiliki kandungan itu semua.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan