Tanggul yang Jebol di Jatipadang Akan Anies Ganti Dengan Beton

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Muhammad Fida/detikcom)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Muhammad Fida/detikcom)

Kabarberita.id – Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menuturkan tanggul Jatipadang yang jebol pada Senin (11/12) kemarin merupakan tanggul darurat yang terbuat dari sak-sak pasir. Oleh karena itu, kata Anies, tanggul tersebut tak kuat menahan volume air dari Kali Pulo.

“Tanggul yang kemarin ada itu adalah bibir sungainya di tanggul menggunakan pasir dibungkus sak. Jadi sak pasir. Jadi tumpukan-tumpukan sak pasir di pinggir sungai. Jadi ketika volumenya besar, tekanannya kuat, jebol,” ungkap Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Anies mengatakan penyebab banjir di Jatipadang kemarin bukanlah tanggul yang jebol pada bulan lalu. Dia memastikan tanggul yang jebol pada bulan lalu tetap dalam kondisi aman.

“Tapi di sini justru yang tanggulnya terbuat dari sak-sak pasir. Karena itu memang secara awam saja kita tahu itu adalah model temporer, bukan permanen gitu,” tuturnya.

ia memastikan akan menangani persoalan jebolnya tanggul Kali Pulo di Jatipadang itu dengan dua langkah, yakni jangka panjang dan jangka pendek. Untuk rencana jangka panjang, kata Anies, akan ada perbaikan secara keseluruhan di tanggul tersebut.  “Jangka pendek, ini harus diganti,” katanya.

Anies akan melakukan Rencana jangka pendek, untuk segera mengganti tanggul yang terbuat dari sak-sak pasir dengan beton. Hal itu bertujuan melakukan pengamanan agar tidak terulang kejadian yang sama.

“Instruksinya diganti dengan beton. Pokoknya sekarang yang jangka pendek adalah mengamankan. Jangan terjadi limpahan lagi jangan terjadi banjir lagi,” katanya.

Diketahui, untuk kesekian kalinya dalam waktu berdekatan, tanggul darurat Kali Pulo di wilayah Jatipadang, Jakarta Selatan, jebol. Puluhan rumah di sekitar lokasi tergenang air.
(nvl/nvl)

Sumber : Detiknews

Tinggalkan Balasan