Berita  

Taman 10 Nopember Surabaya Dipercantik Pohon Jacaranda

Surabaya, KabarBerita.id – Taman Mundu yang kini berganti nama Taman 10 Nopember di Jalan Juwet, Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur akan dipercantik dengan pohon Jacaranda yang memiliki khas bunga berwarna.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser di Surabaya, Sabtu mengatakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menginginkan agar sisi taman yang kosong itu ditambah berbagai jenis tanaman, salah satunya jenis pohon Jacaranda. “Ini untuk menambah kerindangan dan agar terkesan lebih elok,” katanya.

Menurut dia, dipilihnya Pohon Jacaranda itu karena dinilai memiliki kesamaan dengan tabebuya, tapi bunganya lebih rimbun dan warnanya keungunan, serta merah muda.

Diketahui perubahan nama Taman Mundu menjadi Taman 10 Nopember resmi dilakukan pada 5 November 2018. Tidak hanya berubah nama saja, melainkan ada beberapa fasilitas tambahan di taman itu.

Beberapa fasilitas tambahan tersebut di antaranya adalah plakat nama taman yang lebih besar dan memiliki lampu yang akan menyala saat malam hari.

“Dulu namanya Taman Mundu karena terletak di Jalan Mundu. Sekarang diganti Taman 10 November karena lokasinya terletak persis di depan pintu masuk Stadion Gelora 10 November,” kata Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Pramudita.

Salah satu ikon menarik yang masih dipertahankan di Taman Mundu setelah berubah nama, salah satunya atraksi air mancur yang lokasinya berada di depan taman atau sebelah pojok taman arah timur. Air mancur ini menyemburkan air secara bersamaan diiringi sorot lampu berwarna-warni. Semburan air berbentuk gapura terbentuk, ketika kedua kolam air mancur ini menyemburkan air secara bersamaan. Setiap pipa dari kedua kolam air mancur masing-masing menyemburkan air dengan ketinggian berbeda, dari kiri ketinggian semburan airnya rendah, namun semakin ke kanan ketinggian semburanya semakin tinggi sehingga membentuk seperti gapura.

Tinggalkan Balasan