Tak Semua Kolesterol Harus Dipangkas, Masih Ada Kolesterol Baik

Jakarta, KabarBerita.id — Kolesterol baik atau lipoprotein densitas tinggi (HDL) memang harus ditingkatkan. Tidak semua kolesterol harus dipangkas, sebab kolesterol juga penting untuk tubuh manusia.

Cara menjaganya dengan konsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kolesterol sebenarnya merupakan zat mirip lemak dalam darah yang dibutuhkan tubuh untuk membantu membuat hormon, memproduksi vitamin D, mencerna makanan, dan berbagai hal lainnya. Karena teksturnya seperti lemak dan seperti lilin, terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung.

Tetapi tidak semua kolesterol itu sama, ada dua jenis utama: lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL). Mengutip Eating Well, LDL sering disebut sebagai kolesterol “jahat” atau “buruk”, karena cenderung menumpuk di pembuluh darah.

HDL disebut kolesterol “baik” atau “bermanfaat” karena mereka mengambil kelebihan kolesterol dalam darah, termasuk LDL, dan membawanya ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan.

Makanan untuk menjaga kolesterol baik
Banyak makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat), sehingga meningkatkan persentase kolesterol HDL (baik) dalam darah. Berikut beberapa pilihan makanan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik:

1. Kedelai
Melansir Healthline, mengonsumsi produk berbasis kedelai adalah cara yang bagus untuk mengurangi konsumsi daging, sehingga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol Anda. Ketika orang makan lebih sedikit daging, kadar LDL atau kolesterol jahat berkurang. Maka kadar HDL kemungkinan besar akan meningkat.

2. Alpukat
Alpukat mengandung folat dan lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak sehat ini membantu mempertahankan kadar HDL dan mengurangi risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung. Alpukat juga penuh dengan serat, yang secara alami membantu mengendalikan kolesterol.

3. Ikan salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kolesterol HDL dalam darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Berry
Meningkatkan asupan serat adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh. Buah beri adalah beberapa buah berserat yang bisa jadi pilihan. Kombinasi antioksidan dan serat dalam buah beri seperti raspberry dan blueberry membantu menjaga kolesterol LDL tetap terkendali sambil meningkatkan rasio kolesterol HDL.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun penuh dengan senyawa anti-inflamasi, yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa elenolide yang ditemukan dalam minyak zaitun, terutama minyak zaitun berkualitas tinggi, membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tinggalkan Balasan