Berita  

Tak Sembarangan Motor/Mobil akan Boleh Masuk UI

Depok, KabarBerita.id — Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Muhammad Anis menyatakan akan melakukan pembatasan kendaraan berbahan bakar fosil yang memasuki kawasan lingkungan kampus UI.

“Nantinya kami akan menyiapkan bus berbahan bakar listrik, bisa juga gas,” kata Anis ketika ditemui disela-sela acara Tanam Pohon dan Fun Bike yang digelar Astra Financial di lingkungan Kampus UI Depok, Sabtu (10/11).

Menurut dia, rencana tersebut memang tak bisa dibuat singkat, tahapan-tahapan persiapan itu harus jadi terlebih dahulu, seperti bus listrik atau tempat parkir yang disiapkan terlebih dahulu. “Bisa saja nantinya disiapkan lahan parkir yang luas di sekitar restorang Mang Engking atau sisi utara kampus tersebut,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, UI sudah menyediakan jalur sepeda yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Penataan jalur pejalan kaki juga sudah dilakukan.

“Ini sudah dilakukan waktu Rektor Pak Gumilar dahulu,” ujarnya.

Kebijakan tersbut, kata dia, juga sebagai penerapan Greenmetric, yaitu bagaimana melakukan penghematan energi dan menciptakan banyak oksigen. Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat ke-23 sebagai kampus terhijau dunia versi UI GreenMetric World University Rankings 2017, atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya (2016) yang berada pada peringkat ke-31 dunia.

“UI melalui UI Greenmetric konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan sustainabilitas perguruan tinggi melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh universitas di dunia,” kata Anis.

Tinggalkan Balasan