Tak Hanya PMK, Hewan Juga Perlu Vaksin untuk Penyakit Lain

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Dokter hewan Denny Wijaya Lukman mengatakan bahwa vaksinasi untuk hewan ternak sangat penting dilakukan. Namun sebaiknya vaksinasi tidak hanya dilakukan untuk mencegah penyakit mulut dan Kuku.

Sebagaimana diketahui pemerintah sedang memulai vaksinasi PMK perdana. Vaksinasi dimulai secara bertahap dari wilayah Jawa timur hingga daerah lainnya di seluruh Indonesia.

PMK diketahui banyak menyerang hewan ternak seperti sapi, kambing, domba dan kerbau. Meski tidak menular ke manusia, akan tetapi penyakit ini cukup merugikan peternak karena penularannya yang cepat diantara hewan.

Namun Deni mengatakan, ada banyak jenis penyakit hewan yang lain yang juga cukup berbahaya dan dapat menular ke manusia salah satunya penyakit antraks yang gejalanya hampir sama dengan PMK.

Diakui Denny, program vaksinasi terhadap hewan di Indonesia belum Gencar dilakukan karena biasanya vaksin baru diberikan ketika penyakit mulai bermunculan.

Padahal menurutnya vaksin diberikan untuk menjaga hewan tetap sehat dan dapat bertahan dari berbagai jenis penyakit. Justru akan sia sia apabila vaksin diberikan ketika penyakit mulai bermunculan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan