Berita  

Survei SRMC Pilgub Jabar: Ridwan Kamil Pertama, Deddy Mizwar Kedua

Jakarta, KabarBerita.id — Hasil survei yang dilakukan lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat menunjukkan nama Ridwan Kamil lebih unggul dibandingkan dengan beberapa pesaingnya.

“Dari berbagai simulasi pilihan pertanyaan baik spontan, semiterbuka, hingga tertutup dua nama, Ridwan Kamil konsisten berada di urutan teratas,” ujar Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei itu di Jakarta, Kamis (2/11).

Survei dilakukan 27 September-3 Oktober 2017 terhadap 820 responden di Jawa Barat, dengan metode multi-stage random sampling dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Djayadi mengatakan sejatinya dari pertanyaan spontan, hanya 29,5 persen responden yang bisa menentukan pilihan, sedangkan 70,5 responden lainnya menyatakan belum bisa memberikan pilihan spontan.

Dari total 29,5 yang menentukan pilihan itu, 16,8 persen di antaranya memilih Ridwan Kamil, diikuti Deddy Mizwar 3,8 persen, Dedi Mulyadi 2,2 persen, AA Gym 1,5 persen, sedangkan nama-nama lain masih di bawah satu persen.

Dalam pertanyaan semiterbuka (responden diberikan 27 nama calon dan boleh memilih calon lain), dukungan terhadap Ridwan Kamil kian solid yakni 34,1 persen, diikuti Deddy Mizwar 15,5 persen, Dede Yusuf Macan Effendi 9,9 perseb, AA Gym enam persen, Dedi Mulyadi 5,6 persen, dan nama nama lain di bawah empat persen.

Berdasarkan fakta tersebut, SMRC berkesimpulan bahwa hingga saat ini sosok Deddy Mizwar merupakan pesaing terkuat Ridwan Kamil.

Tinggalkan Balasan