Berita  

Survei: Masyarakat Asia Tenggara Lebih Gemar Belanja Online

KabarBerita.id — Survei terbaru Mastercard menyebutkan, pertumbuhan aktivitas belanja melalui gawai (smartphone) atau “mobile shopping” berkembang pesat di negara-negara berkembang Asia Pasifik, melebihi negara-negara maju yang ada di kawasan tersebut.

Senior Vice President, Digital Payments and Labs, Asia Pasifik, Mastercard, Benjamin Gilbey mengatakan, konsumen di sejumlah negara berkembang di Asia Pasifik merupakan konsumen yang mengutamakan penggunaan mobile (mobile-first) dan telah melampaui evolusi pembayaran tradisional.

“Pemerintah di kawasan tersebut telah melakukan upaya-upaya yang cukup signifikan untuk mendorong pengembangan lanskap perdagangan elektronik dan mobile (e-commerce dan m-commerce) serta infrastruktur pendukungnya, yang turut berkontribusi terhadap pertumbuhan yang dapat dilihat dalam hasil survei terbaru ini,” ujar Gilbey dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (18/10).

Konsumen di Filipina (53,5 persen) dan Malaysia (55,6 persen) memimpin wilayah Asia Pasifik dengan pertumbuhan tertinggi secara tahunan (year on year) dalam hal “mobile shopping”, di mana kedua negara tersebut mencatat peningkatan masing-masing sebesar 12,6 persen dan 10,1 persen.

Sementara itu, konsumen di India (75,8 persen) mempertahankan posisi mereka sebagai pembelanja mobile teratas dalam kawasan tersebut untuk dua tahun berturut-turut, di mana setidaknya satu orang melakukan pembelian melalui gawai dalam kurun waktu tiga bulan terakhir sebelum survei tersebut dilaksanakan.

Pembelanja mobile di China masih berada dalam posisi kedua (71,4 persen), diikuti Thailand(65 persen). Di sisi lain,konsumen di negara-negara yang lebih maju seperti Jepang (31 persen), Australia (26 persen) dan Selandia Baru (26 persen) membatasi pembelanjaan mobile.

Kecenderungan Asia Pasifik untuk berbelanjamobile juga telah mendorong peningkatan yang stabil dalam penggunaan dompet digital, dengan lebih dari satu dari lima konsumen (22,3 persen) menggunakan metode pembayaran tersebut.

Tinggalkan Balasan