Sudirman Said Berbagi Tips Menjadi Pemimpin di Hadapan Forum Indonesia Muda

0
17 views

KARANGANYAR, Kabarberita.id – Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said berbagi tips menjadi seorang pemimpin dihadapan ratusan peserta pelatihan wilayah Forum Indonesia Muda (FIM) pada Jumat (13/7/2018) di Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar.

Ratusan peserta pelatihan wilayah FIM tersebut terdiri dari anggota FIM se-Solo Raya.

“Menurut saya hidup itu ibarat kunci Inggris, jadi baut ukuran apapun bisa disetel,”ucapnya.

Dia menuturkan bahwa maksudnya seorang calon pemimpin yang ada harus memiliki empat hal, nomor satu kejujuran, kompetensi teknis, sosial, manajerial, spiritual.

“Ketiga jejaring, network, perbanyak teman, bangun network, keempat terus belajar, baca buku keadaan lingkungan,”katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Pak Dirman, itulah kunci Inggris kehidupan, tidak kata kalah dan berhenti, terus saja, tidak ada kata kalah, tapi terus berjuang.

Lebih lanjut, Pak Dirman menceritakan pengalaman dirinya mengemban tanggung jawab kepemimpinan.

“Saya pernah mengemban tugas tujuh kali mengemban tugas kepemimpinan, dari tujuh itu tidak ada satu pun yang melamar, juga tidak pernah diberhentikan kecuali saat berada di kabinet,” jelas Pak Dirman.

Secara khusus, dia menuturkan perjuangan selama satu tahun berkiprah di dunia politik, terkhusus dalam pencalonan sebagai Calon Gubernur Jateng.

Meskipun tidak menang secara angka, Menteri ESDM RI periode 2014-2016 ini menyebut pertarungan politik di Jateng telah dimenangkan dari sisi politik nilai.

“Alhamdulillah meski belum unggul secara angka, menang secara value, masuk Pilkada tidak pakai mahar, 41, 22 persen Jateng itu suara masyarakat betulan,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here