Studi Temukan Selama Pandemi Penglihatan Anak-anak Memburuk

  • Bagikan
selama pandemi penglihatan anak-anak jauh lebih buruk dibanding orang dewasa

Jakarta, KabarBerita.id — Intensitas waktu layar bagi orang-orang selama pandemi covid-19 berdampak pada buruknya penglihatan, pun pada anak-anak.

Bahkan para ahli memberikan laporan bahwa selama pandemi penglihatan anak-anak jauh lebih buruk dibanding orang dewasa. Yang mana hal tersebut disebabkan karena penggunaan waktu layar saat mereka melakukan kegiatan-kegiatan belajar yang dilakukan secara online.

“Pandemi berdampak besar bagi usia dibawah umur, fokus mereka ke layar terlalu dekat dan sering berada di dalam ruangan membuat tingkat miopi meningkat,” jelas Julia A. Haller, kepala dokter mata di Rumah Sakit Mata Wills Philadelphia.

Penderita miopi biasanya mengalami pandangan kabur saat melihat objek yang jauh. Yang mana penyakit ini merupakan salah satu kelainan refraksi mata.

Dilansir dari jurnal JAMA Ophthalmology pada Januari lalu para peneliti di China lakukan sebuah studi pada 120ribu anak-anak usia 6 hingga 8 tahun yang tinggal dirumah saja. Yang mana ditemukan mereka 3 kali lebih mungkin mengalami rabun jauh selama masa pandemi.

Oleh karena itu banyak anak yang saat ini membutuhkan kacamata sebagai alat bantu melihat.

Selain itu William T. Reynolds, Presiden American Optometric Association memberikan keterangan bahwa, tingginya penggunaan waktu layar membuat anak-anak kekurangan waktu di luar ruangan dan membuat kita menjadi sering duduk.

“Semakin lama anak menghabiskan waktu untuk belajar dan menggunakan perangkat elektroniknya membuat mereka tidak mendapatkan cahaya alami yang baik untuk perkembangan mata,” tutur Reynolds pada saat ditemui Bloomberg.

Untuk meminimalisir dampak dari penggunaan layar terdapat rekomendasi yang diberikan oleh babi yang menerapkan aturan 20-20-20 yakni dengan melakukan istirahat selama 20 detik dengan melihat ke arah sejauh 20 kaki setelah melihat layar setiap 20 menit.

Selain itu berkedip lebih banyak juga bisa membantu itu mema lisir dampak buruk dari penggunaan layar yang lama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan