Studi Temukan Makan Jamur Bisa Pangkas Resiko Kanker

  • Bagikan
Jamur

Jakarta, KabarBerita.id — Menurut sebuah studi yang dilansir dalam jurnal Advances in Nutrition, bahwa dengan kita mengonsumsi dua buah jamur setiap harinya, maka akan menurunkan resiko penyakit kanker sebanyak 45%.

Demi mencari keterkaitan antara asupan jamur dengan risiko kanker terdapat banyak penelitian lain yang dilakukan.

Studi yang dilakukan Pennsylvania State University yang melakukan peninjauan sistematis serta meta-analysismenemukan hasil bahwa dengan adanya asupan jamur secara rutin bisa menurunkan resiko kanker secara total. Bahkan terdapat beberapa kasus yang bisa mencegah terjadinya kanker payudara.

Di dalam jamur terdapat banyak kandungan senyawa bioaktif, seperti polisakarida, serat, selenium,dan berbagai macam vitamin. Selain itu ada antioksidan yang terkandung di dalam jamur yakni ergothioneine dan glutathione yang dinilai bisa mencegah munculnya kanker.

Tingginya senyawa bioaktif yang terkandung di dalam jamur membuat jamur memiliki sifat anti-virus, antitumor, dan antimikroba. Selain itu itu dapat melindungi hati dan sistem kardiovaskular.

Apabila kita tidak terlalu menyukai rasa atau tekstur dari jamur maka kita bisa hanya dengan mengonsumsi 2 jamur setiap harinya. Atau bisa juga dengan cara memasukkan jamur ke dalam hidangan favorit.

Hubungan antar keduanya ini memang menjanjikan, akan tetapi penting bagi kita untuk tidak menjadikannya acuan bahwa dengan memakan 2 buah jamur bisa dengan sendirinya mampu mencegah munculnya kanker. Kita tetap harus mempertahankan gaya hidup yang seimbang dan sehat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan