Studi Sarankan Pekerja yang Duduk Lama untuk Jalan Kaki Tiap 30 Menit

Jakarta, KabarBerita.id — bukan rahasia lagi bahwa duduk terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Resiko ini sangat erat dengan kehidupan para pekerja yang harus duduk di depan layar komputer setiap hari selama berjam-jam.
Studi terbaru telah menemukan solusi untuk mencegah resiko kesehatan akibat duduk terlalu lama yaitu berjalan kaki selama 5 menit.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal American College of Sports Medicine, telah menemukan bahwa berjalan santai selama lima menit setiap setengah jam dapat membantu mengurangi beberapa risiko kesehatan yang muncul dari kebiasaan duduk terlalu lama.

Penulis utama studi Keith Diaz mengatakan para ahli sepakat bahwa kebiasaan duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes. Namun hingga saat ini belum ada pedoman jelas mengenai durasi berapa lama duduk disebut aman dan seberapa sering Anda harus bergerak saat bekerja.

“Sama seperti berapa banyak buah dan sayuran yang harus dimakan dan berapa banyak olahraga yang harus dilakukan, kita perlu memberi panduan khusus tentang cara memerangi bahaya dari duduk,” kata Diaz.

Mengutip Health News, dalam studi ini para ilmuwan meneliti 11 orang dewasa sehat yang diminta untuk duduk di kursi kantor selama delapan jam. Mereka hanya dibolehkan berdiri untuk berjalan santai di atas treadmill sebagaimana yang ditugaskan atau pergi ke kamar mandi.

Mereka menguji lima durasi berjalan kaki yang berbeda. Di antaranya berjalan kaki di atas treadmill selama 1 menit setiap 30 menit, 5 menit setiap 30 menit, 1 menit setiap 60 menit, 5 menit setiap 60 menit duduk, dan tidak berjalan kaki sama sekali.

Peneliti juga mengukur tekanan darah dan kadar gula darah peserta selama percobaan. Hasilnya, berjalan kaki dapat mengurangi tekanan darah sebesar 4-5 mmHg dibandingkan mereka yang tidak berjalan kaki.

Hasil utamanya, berjalan kaki selama 5 menit setiap 30 menit menghasilkan manfaat yang paling baik untuk kadar gula darah dan tekanan darah.

Hingga saat ini para ilmuwan sendiri belum tahu persis mengapa duduk bisa berdampak begitu buruk pada kesehatan. Namun menurut Diaz, hal ini juga berhubungan dengan otot.

Diaz mengatakan bahwa otot punya peran penting dalam mengatur berbagai hal termasuk kadar gula darah dan kolesterol.

Ketika duduk terlalu lama, maka otot tak memiliki kesempatan berkontraksi dan bekerja secara optimal.

Tinggalkan Balasan