Berita  

Spurs Kalahkan Swansea City Dua Gol Tanpa Balas

LONDON, Kabarberita.id – Tottenham Hotspur membuka 2018 dengan raihan tiga angka. Bertandang ke kandang Swansea City, Tottenham berhasil membawa pulang kemenangan dengan skor akhir 2-0.

Pada pertandingan di Stadion Liberty, Rabu (3/1/2018) dinihari WIB, Spurs membuat beberapa perubahan dalam komposisi pemainnya dari kemenangan atas Southampton di Boxing Day.

Harry Kane mesti dicadangkan karena baru saja pulih setelah terserang penyakit.

Meski dalam kondisi yang sulit, Tottenham berhasil membuka keunggulan di menit ke-12 melalui Fernando Llorente.

Dari situasi tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Swansea, Eriksen melepaskan sepakan yang sambut Llorente dengan tandukan di dalam kotak enam yard yang membawa Spurs memimpin 1-0.

Delapan menit berselang, Dele Alli mendapatkan ruang tembak di tepi kotak penalti. Namun, penyelesaiannya masih melenceng tipis.

Swansea mulai keluar dari tekanan Spurs. Di menit ke-32, tendangan bebas melengkung Renato Sanches melewati pagar hidup pemain Tottenham, namun bola melambung tinggi dari gawang Hugo Lloris.

Serangan balik cepat tim tuan rumah mengancam Spurs. Umpan silang Nathan Dyer menemui Martin Olsson di sayap kiri. Olsson menggiring bola ke arah gawang, tapi sepakannya belum menemui sasaran.

Memasuki lima menit terakhir, Eriksen kembali mengirim umpan silang berbahaya ke area penalti. Bola disambut Llorente dengan tendangan kaki kanan tapi bola masih melambung. Skor 1-0 kemudian bertahan sampai paruh jeda.

Kondisi membaik di babak kedua seiring hujan yang mulai reda. Setelah sepakan Son Heung-min melambung di menit-menit awal, Spurs mengancam lagi lewat sepakan Eriksen.

Di menit ke-65, Swansea menciptakan peluang pertamanya. kombinasi Mike van der Hoorn dan Davinson Sanchez melepaskan Luciano Narsingh di area sayap kanan. Dari sudut sempit Narsingh melepaskan tembakan tapi Lloris masih bisa meredam dengan kakinya.

Tiga menit kemudian, Spurs mengklaim penalti. Menyusul pelanggaran Van der Hoorn terhadap Alli ketika menyongsong umpan lambung Jan Vertonghen. 

Swansea membahayakan gawang Spurs. Jordan Ayew melewati penjagaan Vertonghen dan cegatan Lloris pun gagal. Namun, Ben Davies membuat intersepsi krusial yang memungkinkan Victor Wanyama mengamankan bola sebelum bisa dieksekusi.

Tekanan Swansea datang lagi semenit kemudian. Sepak pojok Tommy Carroll disambut Alfie Mawson dengan sundulan kemudian bola mengenai Vertonghen sebelum membentur tiang gawang. 

Spurs melewatkan peluang emas untuk menambah golnya. Di menit ke-78, Son menyambut bola umpan silang dengan sepakan ke arah tiang jauh yang tidak dapat dijangkau Fabianski. Namun, bola bergulir tipis ke samping gawang.

Spurs akhirnya memastikan kemenangan dua menit terakhir waktu normal. Harry Kane mengirim umpan lambung terukur dari sisi kiri tengah lapangan yang diterima Alli. Dalam pengawalan lawan, sepakan Alli sempat diblok Fabianski, bola rebound bergulir ke arahnya yang kali ini berhasil disarangkan ke gawan Swansea. Spurs unggul 2-0.

Hasil ini menaikkan Tottenham ke peringkat kelima klasemen sementara dengan koleksi 40 poin dalam 21 pertandingan. Spurs terpaut empat poin dari Liverpool di atasnya yang sudah bermain 22 kali. Sementara itu, Swansea terkubur di urutan terbawah dengan 16 poin.

Susunan Pemain

SWANSEA CITY: Fabianski, Martin Olsson, Angel Rangel (Narsingh 55′), Fernandez, Van der Hoorn, Mawson, Dyer (McBurnie 71′), Clucas, Carroll (Routledge 78′), Renato Sanches, Ayew

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Trippier, Davies, Sanchez (Wanyama 61′), Lamela (Sissoko 77′), Eriksen, Alli, Dier, Llorente (Kane 68′), Son 

Tinggalkan Balasan