Spanyol Larang Iklan Cokelat, Es Krim, dan Permen untuk Cegah Obesitas

Jakarta, KabarBerita.id — Sebagai langkah untuk mencegah obesitas terutama pada anak dan anak muda di Spanyol, pemerintah Spanyol akan melarang iklan makanan dan minuman yang tidak sehat seperti cokelat, es krim, dan permen.

Menteri Urusan Konsumen Spanyol, Alberto Garzon mengatakan anak-anak Spanyol sangat rentan terhadap iklan dan sudah menjadi kewajiban semuanya untuk melindungi mereka.

Larangan ini sedang menunggu persetujuan dari Kabinet pada saat ini. Garzon menjelaskan peraturan ini berisi larangan iklan di lima kategori produk anak di bawah umur.

Terlepas bagaimanapun kondisi nutrisinya, larangan ini berlaku untuk semua jenis produk di kategori tersebut. Produk yang masuk dalam kategori tersebut yaitu cokelat, permen, energy bar, kue, biskuit manis, es krim, dan minuman berenergi.

Iklan ini akan dilarang beredar dalam televisi, radio, bioskop, dan internet termasuk media sosial dan aplikasi seluler.

Pemerintah Spanyol kedepan juga akan mengatur batas kandungan lemak jenuh, gula, dan garam yang boleh terkandung dalam produk makan.

Hal tersebut diambil lantaran angka obesitas yang terus meningkat. Anak usia 6-9 tahun di negara itu 40,6 persen diantaranya mengalami kelebihan berat badan dan 17,3 persen masuk dalam kategori obesitas.9 dari 10 iklan makanan yang ditargetkan untuk anak-anak adalah produk yang tidak sehat berdasarkan dari data OCU.

Sementara itu Federasi Industri Makanan dan Minuman Spanyol (FIAB) menentang keras aturan yang akan diterapkan tersebut karena mereka mengklaim sektor industri makanan dan minuman sudah bekerja sama dengan kementerian untuk memperbaiki etika dalam periklanan.

Tinggalkan Balasan