Sosialisasi Empat Pilar MPR, Mufida Minta Anak Muda Hadapi Tantangan Berbangsa

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota MPR RI Kurniasih Mufidayati menggelar sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama dengan Yayasan Pemuda Kreatif di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (7/2/2021).

Di depan anak-anak muda, Mufida berpesan agar generasi muda bisa menjaga empat pilar sebagai ruh bernegara yakni Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika,l dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mufida menekankan, setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 hingga kini, selalu ada tantangan bagi kehidupan berbangsa.

Sebab itu, para founding father Republik telah merumuskan kaidah-kaidah dasar agak bangsa ini tetap tegak bersatu melewati berbagai rintangan.

“Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini tantangannya semakin beragam dan berat. Bangsa ini memiliki tantangan internal dan eksternal dari dunia luar yang harus kita hadapi. Generasi muda harus bersiap dengan landasan berpikir yang sama salah satunya pegang empat pilar nilai ini,” ujar Mufida.

Anggota DPR RI Komisi IX ini mengatakan tantangan dari internal bisa berupa perilaku koruptif, tantangan keberagaman hingga penegakan hukum.

“Sementara dari luar ada tantangan kapitalisme dan paham-paham lain yang sejatinya tengah menguji kita sebagai bangsa. Anak muda mesti aware dan bangga dengan identitas Indonesia,” ungkapnya.

Mufida berpesan, agar anak-anak muda membekali diri tentang nilai kebangsaan dan apa yang membuat bangsa dengan ribuan perbedaan ini tetap bersatu.

“Kita bisa belajar dari negara lain yang pada akhirnya terpecah karena persoalan mereka. Alhamdulillah para founding father bangsa ini meletakakan nilai pemersatu yang kukuh. Sebab itu anak muda, belajar bahwa membesarkan perbedaan ternyata tidak keren. Mencari persamaan itu yang menguatkan,” papar Mufida.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan