Solusi Atasi Sembelit saat Berpuasa

  • Bagikan
Ilustrasi sembelit

Jakarta, KabarBerita.id — pola makan kita yang berubah saat menjalani puasa terkadang membuat perubahan terjadi di dalam tubuh kita baik itu dari pola tidur hingga frekuensi buang air besar. Bahkan terdapat beberapa kasus orang-orang yang menjalani puasa bisa mengalami sembelit.

“Perubahan pola makan yang terjadi saat kita sedang berpuasa memang sangat mudah menyebabkan adanya perubahan pada pergerakan usus,” ucap Quainoo, ahli gastroenterologi.

Kurangnya asupan serat makanan yang membantu sistem pencernaan agar berfungsi dengan baik membuat orang yang sedang menjalankan puasa akan merasakan sembelit.

Selain itu, kurangnya asupan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan sembelit, karena asupan air akan mempermudah pergerakan feses untuk dapat melewati saluran pencernaan dengan mudah.

Oleh karena itu mengonsumsi serat dan juga mencukupi asupan air sangat penting dalam membantu kesehatan pencernaan kita agar tetap terjaga.

Adapun beberapa cara dalam mengatasi sembelit saat kita sedang menjalankan ibadah puasa.

1. Mengonsumsi sayur dan buah

Tingginya serat dalam buah dan sayur dapat membantu kesehatan pencernaan. Oleh karena itu saat sedang berbuka dan sahur kita perlu mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya.

2. Mengonsumsi biji-bijian utuh

Saat sedang sembelit kita wajib memilih mengonsumsi roti gandum utuh dan juga sereal yang mengandung tinggi serat.

3. Menghindari makanan yang berlemak tinggi

Rendahnya nutrisi yang terkandung dalam makanan berlemak tinggi dapat menurunkan performa tubuh. Pada makanan berlemak tinggi juga mengandung kalori yang tinggi pula yang dapat menyebabkan munculnya rasa lesu dan lelah saat kita menjalankan puasa.

4. Mengurangi konsumsi makanan tinggi garam

Jenis makanan yang mengandung tinggi garam dapat menyebabkan tubuh mudah mengalami dehidrasi karena makanan ini dapat mengeluarkan cairan dari tubuh lebih cepat.

5. Menghindari makan makanan tinggi gula

Jika kita mengonsumsi makanan tinggi gula dalam jumlah banyak, maka akan membuat tubuh kita kehilangan mineral, garam, serta cairan yang penting bagi tubuh. Oleh karena itu saat kita sedang menjalankan puasa kita wajib untuk menghindari hal tersebut agar sembelit tidak terjadi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan