Simak Tips Bakar Kalori Setelah Makan Malam

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Demi bantu kurangi dampak buruk asupan kalori berlebih kita perlu untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga setelah makan.

Akan tetapi aktivitas tersebut tidak boleh dilakukan begitu saja kita belum berikan jeda waktu antara makan dengan berolahraga supaya tubuh sudah terlebih dahulu mencerna makanan dengan sempurna.

Untuk melakukan aktivitas fisik di malam hari kita perlu memilih aktivitas yang tepat. Apabila kita melakukan aktivitas fisik yang cenderung berat maka akan merangsang peningkatan detak jantung dan dan sistem saraf sehingga membuat kita sulit untuk tidur.

Saat malam hari kita hanya perlu melakukan olahraga ringan demi bakar kalori ditambah lagi aktivitas tersebut sekaligus bisa membantu kita dapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Berikut cara bakar kalori setelah makan malam dengan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang ringan.

1. Berjalan Kaki

Setelah makan kita bisa memilih untuk melakukan aktivitas berjalan kaki Karena menurut ahli daerah tersebut dapat dipercaya untuk membantu turunkan berat badan.

Ahli menyatakan sekitar 100 kalori dapat terbakar apabila kita berjalan sejauh 1,5 km. Jumlah kalori yang terbakar akan meningkat apabila kita berjalan dengan durasi yang lama dan lebih cepat.

Melansir dari Times of India, demi memaksimalkan pembakaran lemak kita bisa berjalan kaki dengan kecepatan 3 sampai 4 mph.

Kita bisa mengawali rutinitas tersebut dengan berjalan kaki selama 10 menit setelah makan malam baru nantinya ditingkatkan setiap harinya berjalan kaki hingga 30 menit.

2. Melakukan Yoga

Olahraga yang cenderung dilakukan secara intens apabila dijalankan setelah makan akan memicu efek samping. Oleh karenanya kita bisa memilih alternatif dengan melakukan yoga demi membuat perut kita tetap bisa bergerak aktif untuk bakar kalori.

Umumnya dalam satu sesi Yoga tubuh bisa membakar 180 sampai 460 kalori tergantung dari beberapa faktor termasuk pose yoga yang dilakukan. Terdapat beberapa pose yoga yang bantu bakar kalori menurut Prevention, yakni diantaranya pose plank, chair, chaturanga dandasana, wheel, high lunge, sun salutations, dan dolphin.

Kita bisa melakukan aktivitas tersebut di atas setelah bersantap di malam hari.

Lebih tepatnya mengutip dari Healthline, dibutuhkan waktu hingga 2 sampai 4 jam untuk makanan yang kita konsumsi berpindah dari perut ke usus kecil akan tetapi kebanyakan orang hanya akan menunggu satu sampai dua jam untuk melakukan aktivitas olahraga. Kita perlu perhatikan waktu tunggu untuk hindari sakit perut.

Selain itu kita juga disarankan untuk segera menyelesaikan aktivitas fisik 1 jam sebelum tidur karena tubuh butuh waktu untuk memproses perasaan rileks sebelum tidur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan