Sierra Leone Tangkap Mantan Menteri Pertahanan Dalam Penumpasan Korupsi

  • Bagikan

Freetown, KabarBerita.id– Mantan menteri pertahanan Sierra Leone dan wakilnya ditangkap pada Jumat sebagai bagian dari tindakan keras pemerintahan Presiden Julius Maada Bio terhadap dugaan korupsi oleh pendahulunya, kata komisaris anti-korupsi negara itu.

Alfred Paolo Conteh, menteri pertahanan di bawah Presiden Ernest Koroma, dan Sannah Marrah, wakilnya di kementerian itu, ditangkap pada Jumat sehubungan dengan beberapa dugaan penyimpangan pengadaan sarana ketentaraan, kata ketua Komisi Anti-Korupsi (ACC) Francis Kaifala.

“Setelah berembuk, kami memutuskan menahan mereka,” kata Kaifala kepada Reuters, “Kami menggarap perkara sekarang dan harus mendakwanya dalam 10 hari untuk tetap menahan mereka.” Pengacara Conteh tidak menjawab permintaan untuk tanggapan dan Reuters tidak dapat menghubungi pengacara Marrah.

Pihak berwenang Sierra Leone juga menangkap Victor Foh, wakil presiden di bawah Koroma, yang digantikan Bio pada April, dan Mansaray Minkailu, menteri pertambangan Koroma, pada Juli atas tuduhan korupsi. Keduanya saat ini diadili.

Keduanya menyangkal tuduhan itu dan pendukung mereka menyatakan tuduhan itu adalah perburuan penyihir dengan alasan politik.

Dalam kampanyenya, Bio berjanji mengatasi korupsi dan menghidupkan kembali perekonomian, yang hancur akibat penurunan harga dagangan dan wabah Ebola pada 2014-2016 di Afrika Barat.

ACC menyatakan menemukan sekitar 1 juta dolar (15 miliar rupiah lebih) dana warga, yang disalahgunakan dalam enam bulan belakangan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan