Sidang Perdana Jhoni Allen Gugat AHY Digelar Hari Ini

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akan menggelar sidang perdana terkait kisruh Partai Demokrat, Rabu (17/3). Pada sidang pertama yang akan diperiksa adalah gugatan Jhoni Allen Marbun kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Gugatan tersebut sebelumnya dilayangkan Jhoni tak lepas dari pemecatan dirinya sebagai kader partai.

“Tanggal sidang Rabu, 17 Maret 2021 jam 11.00 WIB di ruang Soebekti 2,” demikian dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (17/3).

Selain AHY, sidang gugatan Jhoni Allen juga mengarah ke Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dan Ketua Dewan Kehormatan Hinca IP Pandjaitan.

Dalam gugatan yang teregister dengan nomor perkara: 135/Pdt.G/2021/PN.Jkt.Pst, Jhoni meminta hakim menyatakan bahwa AHY, Teuku Riefky dan Hinca telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Kemudian ia meminta hakim menyatakan tidak sah dan/atau batal demi hukum seluruh perbuatan atau putusan tergugat III yakni Hinca, terkait pemberhentian dirinya.

“Menyatakan tidak sah dan/atau batal demi hukum Surat Keputusan Dewan Kehormatan Partai Demokrat Nomor: 01/SK/DKPD/II/2021 Tertanggal 2 Februari 2021 tentang Rekomendasi Penjatuhan Sanksi Pemberhentian Tetap Sebagai Anggota Partai Demokrat kepada Saudara drh. Jhonni Allen Marbun,MM,” sebagaimana bunyi petitum gugatan.

Sebelumnya, Partai Demokrat memecat enam kadernya lantaran terlibat dalam upaya kudeta kepemimpinan atau Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan-Partai Demokrat (GPK-PD).

Mereka yang dipecat atas keputusan Dewan Kehormatan antara lain Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya.

Ada satu kader lain yang juga dipecat, yakni mantan Sekretaris Jenderal Marzuki Alie. Ia dipecat dengan alasan terbukti melanggar etika Partai Demokrat sebagaimana rekomendasi Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat. Dengan demikian, total ada 7 kader yang diberhentikan.

Mereka yang dipecat itu pun sudah mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat atas klasifikasi perkara perbuatan melawan hukum. Hari ini merupakan giliran sidang gugatan Jhoni Allen.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan