Shin Tae Yong Siapkan Strategi untuk Hadapi Arab Saudi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta, KabarBerita.id — Menjelang laga Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi pada Kamis (5/9), pelatih Shin Tae Yong telah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi tim-tim dari Timur Tengah yang sering memancing emosi lawan dalam pertandingan sepak bola.

Timnas Indonesia akan memulai langkah mereka dalam fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menghadapi Arab Saudi. Ini bukan kali pertama tim Merah Putih berhadapan dengan skuad Elang Hijau, setelah sebelumnya pernah bertemu dalam kualifikasi Piala Asia sepuluh tahun lalu.

Tim-tim dari Timur Tengah dikenal memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi fisik maupun taktik, termasuk upaya memancing emosi lawan. Pemain dari kawasan ini kerap menggunakan cara-cara untuk membuat lawan frustrasi, seperti diving atau mengulur waktu, dengan harapan lawan melakukan pelanggaran dan mendapatkan kartu.

Shin Tae Yong menyadari bahwa anak asuhnya mungkin akan menghadapi strategi ‘nakal’ dari lawan, namun ia menegaskan bahwa hal ini tidak akan menjadi masalah bagi timnya.

“Hal-hal seperti itu tidak akan menjadi masalah bagi kita. Pemain yang terbiasa bermain kasar akan terus begitu, tidak akan berubah. Sebaliknya, kita harus bisa mengantisipasi dan memanfaatkan kekasaran pemain-pemain tersebut,” ujar Shin.

Saat ini, beberapa pemain Timnas Indonesia sudah mulai berkumpul dan berlatih di Jakarta sebelum berangkat ke Arab Saudi. Para pemain yang bermain di luar negeri akan langsung bergabung dengan tim di Jeddah.

Menghadapi lawan-lawan yang memiliki pengalaman tampil di Piala Dunia seperti Arab Saudi dan Australia dalam dua laga awal, Shin menekankan pentingnya persiapan.

“Persiapan harus dilakukan dengan baik. Apalagi ini adalah pertama kalinya kita masuk ke babak ketiga, jadi kita harus lebih fokus dan bekerja keras. Pastinya para pemain akan memberikan yang terbaik,” tegas Shin.

Tinggalkan Balasan