Berita  

Shalat Jumat yang Mengharukan di Selandia Baru

Selandia Baru, KabarBerita.id — Ribuan orang menghadiri salat Jumat pertama pasca-insiden penembakan dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, yang menewaskan 50 orang pada 15 Maret lalu. Ibadah dilaksanakan di Taman Hagley, tepat di seberang Jalan Deans Avenue, sekitar 100 meter dari Masjid Al Noor.

Salat Jumat dipimpin Imam Masjid Al Noor, Gamal Fouda yang selamat dari kejadian pekan lalu. Angin sepoi-sepoi, membawa lantunan ayat suci ‘melintasi’ taman.

Dalam ceramahnya, ia membandingkan kejadian hari ini dengan tragedi nahas seminggu lalu.

“Jumat lalu, saya berdiri di masjid ini, di belakang kami, dan melihat kebencian dan kemarahan dari mata seorang teroris membunuh 50 orang tak bersalah, melukai 42 korban dan menghancurkan hati jutaan orang di seluruh dunia. Hari ini, dari tempat yang sama, saya melihat keluar dan menyaksikan cinta dan kasih sayang,” kata Fouda sebagaimana dikutip dari Arab News pada Jumat (22/3).

“Teroris berusaha memisahkan kita dengan melakukan tindakan kejahatan, tetapi Selandia Baru tidak bisa dipatahkan,” lanjutnya mengapresiasi kedatangan warga yang bersolidaritas.

Imam salat Jumat juga mengingatkan tentang bahayanya ideologi ekstrem yang memberikan stereotip negatif terhadap umat Muslim yang membahayakan manusia secara global.

“Islamofobia membunuh. Islamofobia itu nyata. Ini adalah kampanye yang ditargetkan untuk memengaruhi orang agar tidak memanusiakan dan menakuti umat Muslim secara tidak rasional,” kata Foudi.

Dalam ceramah, sang imam menyerukan kepada pemimpin di dunia untuk mengakhiri tindakan teror dan kebencian. Ia mendorong agar dunia mencontoh Selandia Baru dalam menghadapi ekstremisme sayap kanan.

“Dunia dapat melihat kita sebuah contoh cinta dan persatuan. Kita patah hati tetapi tidak patah (bercerai). Kita hidup. Kita bersama. Kita bertekad untuk tidak membiarkan siapa pun memecah belah kita.”

Dalam kesempatan yang sama, Fouda mengucapkan terima kasih kepada publik, polisi, serta Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern.

“Terima kasih atas air mata Anda. Terima kasih atas tarian haka Anda. Terima kasih untuk bunga dari Anda. Terima kasih atas cinta dan kasih sayang Anda. Kepada Perdana Menteri kami, terima kasih. Terima kasih atas kepemimpinan Anda. Itu telah menjadi pelajaran bagi para pemimpin dunia. Terima kasih telah menghormati kami dengan kerudung itu,” kata Imam Fouda.

Tinggalkan Balasan