Setelah Menjadi Pahlawan Turki, Demiral Terancam Sanksi

Jakarta, KabarBerita.id — Bek tengah Merih Demiral dikabarkan terancam sanksi setelah menjadi pahlawan dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2024 yang berlangsung Rabu (3/7) dini hari WIB.

Turki berhasil menang 2-1 atas Austria di Stadion Red Bull Arena. Dua gol kemenangan Turki dicetak oleh Merih Demiral pada menit pertama dan ke-59, sedangkan Austria mencetak gol balasan melalui Michael Gregoritsch pada menit ke-66.

Saat mencetak gol kedua, Demiral melakukan selebrasi dengan hormat ‘serigala’, yang diasosiasikan dengan kelompok nasionalis ekstremis sayap kanan Grey Wolves yang dilarang di Austria.

Keterlibatan dengan kelompok tersebut dapat menyebabkan pelaku didenda hingga 4 ribu euro atau setara dengan.

Atas tindakan tersebut, Merih Demiral kini sedang diselidiki oleh UEFA, berdasarkan laporan The Guardian.

“Investigasi telah dibuka sesuai dengan Pasal 31(4) Peraturan Disiplin UEFA terkait dugaan perilaku tidak pantas yang dilakukan oleh pemain dari Federasi Sepak Bola Turki, Merih Demiral. Informasi lebih lanjut mengenai masalah ini akan disampaikan pada waktunya,” demikian pernyataan resmi dari UEFA.

Meskipun demikian, Demiral membantah bahwa selebrasinya terkait dengan kelompok ekstremis di Austria. Ia mengklaim bahwa selebrasi tersebut merupakan bagian dari identitas negaranya.

“Saya memiliki selebrasi khusus yang berhubungan dengan identitas saya sebagai orang Turki,” kata Demiral.

“Saya sangat bangga menjadi orang Turki, dan saya merasa kebanggaan tersebut saat mencetak gol. Saya ingin mengekspresikan hal tersebut, dan saya sangat senang melakukannya,” tambah Demiral.

Salah satu alasan Demiral melakukan selebrasi tersebut adalah karena melihat para suporter yang membuat simbol serigala. Jika hal tersebut benar, bukan tidak mungkin UEFA juga akan menyelidiki perilaku para suporter tersebut.

Jika terbukti bersalah, Merih Demiral bisa dikenai sanksi larangan bermain atau denda. UEFA sebelumnya pernah menjatuhkan sanksi kepada jurnalis Kosovo, Arlind Sadiku, karena membuat isyarat ‘elang’ dalam pertandingan antara Serbia dan Inggris di babak grup Euro 2024. UEFA mencabut akreditasi Sadiku dalam turnamen tersebut.

Tinggalkan Balasan