Berita  

Setara: Segera Ajukan Pengganti Gatot Nurmantyo

Jakarta, KabarBerita.id — Ketua SETARA Institute, Hendardi menyarankan Presiden Joko Widodo segera mengajukan nama-nama calon pengganti Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo untuk menjawab dinamika politik 2018-2019 mendatang karena panglima justru seringkali membuat seringkali melakukan kegaduhan.

“Kegaduhan yang sering dibuat Gatot dan politicking beberapa isu politik nasional oleh panglima, hanya merusak organisasi TNI dan mengganggu agenda-agenda pembangunan dan kepemimpinan Jokowi. Mempercepat pergantian Jenderal Gatot akan mendisiplinkan TNI lebih cepat untuk menjawab dinamika politik 2018 dan 2019 mendatang,” kata Ketua Setara Institute Hendardi di Jakarta, Senin (13/11).

Hendardi menambahkan menyimak jejak langkah Gatot Nurmantyo, Jokowi tidak terikat untuk mengganti Gatot sesegera mungkin. Diketahui Panglima TNI Jend. Gatot Nurmantyo akan pensiun pada Maret 2018, tetapi sebagai pemegang hak prerogratif, Jokowi bisa segera mengusulkan nama-nama pengganti Gatot Nurmantyo.

Selain proses di DPR yang cukup lama, tambah Hendardi menyegerakan pergantian Panglima TNI juga akan mempercepat penuntasan agenda reformasi TNI, yang selama kepemimpinan Gatot justru stagnan dan bahkan mengalami kemunduran karena hasrat politik sang panglima yang mengemuka sebelum waktunya.

Lebih lanjut Hendardi menegaskan TNI merupakan salah satu simbol pertahanan negara. Karena itu, tambahnya performa TNI menjadi representasi wajah kekuatan suatu negara. Segala persoalan yang masih melilit TNI, baik soliditas, profesionalisme, kesejahteraan, reformasi peradilan militer, penanganan bisnis tentara, akuntabilitas anggaran, dan ketundukkan pada supremasi sipil adalah tantangan yang harus dijawab sebagai bagian dari pemenuhan amanat reformasi sejak 1999.

“Untuk menjawab berbagai tantangan yang ada, kepemimpinan di tubuh TNI dan kebersediaan tunduk pada supremasi sipil adalah kunci utama,” kata Hendardi.

Tinggalkan Balasan