Serpihan Roket China Jatuh di Kalbar Buat Rumah Warga Bergetar

Jakarta, KabarBerita.id — Warga Desa Pengadang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat merasakan rumahnya ikut bergetar saat serpihan roket milik China CZ-5B diduga jatuh di lahan perkebunan sekitar. Kejadian ini diduga terjadi Minggu (31/7), dan langsung viral di media sosial.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Siron pun menuturkan, warga Desa Pengadang sempat merasakan getaran pada kaca jendela dan rumahnya. Hal itu dirasakan warga saat tengah malam.

Pada saat bersamaan, warga juga mendengar suara dentuman keras dari langit.

“Warga mengira itu dentuman petir, tapi juga merasa aneh karena tidak ada tanda-tanda cuaca buruk,” ujarnya.

Kemudian, seorang warga bernama Yulius Talib (68) dan kawannya menemukan serpihan roket itu di kebun sawit miliknya.

Serpihan kecil itu tampak berlatar hitam dan menunjukkan angka 31. Yulius pun bergegas menghubungi pihak berwenang setempat untuk menangani temuan itu.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Lokasi jatuhnya hanya di kebun sawit. Warga kaget saja, tak pernah melihat benda-benda seperti itu,” sebutnya.

Menurut Siron, saat ini pihak Polres Sanggau sedang melakukan pendalaman terhadap peristiwa tersebut.

“Kami dapat informasi hari Minggu, 31 Juli. Lokasi kejadian sudah digaris polisi. Memang ada serpihan dan diduga roket dari Tiongkok,” tegasnya.

Diketahui sebuah video yang merekam perkebunan warga tempat jatuhnya roket China beredar viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Kampung Pengadang.

Sebelumnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan sampah antariksa CZ5B atau puing-puing roket Long March 5B milik China melintasi Sumatera bagian selatan hingga Kalimantan Barat.

Peneliti Senior BRIN Thomas Djamaludin mengatakan sampah roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa China itu berbobot sekitar 20 ton dan berukuran 30 meter. Thomas menuturkan serpihan sampah antariksa besar tersebut juga terpantau jatuh di Samudera Hindia pada Sabtu (30/7) pukul 23.45 WIB.

Tinggalkan Balasan