Sering Dianggap Sepele tapi Kebiasaan yang Membuat Perut Buncit

Jakarta, KabarBerita.id — kebiasaan sehari-hari rupanya bisa memicu perut menjadi buncit. Bahkan kebiasaan yang membuat perut buncit sering tidak disadari seperti makan menjelang tidur hingga terlalu banyak tidur.

Karena kebiasaan tersebut sering dianggap sepele sehingga tetap dilakukan. Akan tetapi dampaknya ukuran perut perlahan membesar dari kondisi normal.

Dikutip dari The Standard, perut buncit dapat terjadi karena ada penumpukan lemak di area tersebut. Perut bisa langsung pencet meskipun penumpukan lemak masih terbilang sedikit.

Lemak yang menumpuk di perut terdiri atas dua jenis yaitu lemak subkutan yang merupakan lemak yang tersimpan di bawah lapisan kulit dan lemak visceral, yakni lemak yang tersimpan di sekitar organ-organ di area perut. Dari kedua jenis lemak ini, lemak yang paling berpengaruh membuat perut menjadi buncit adalah lemak visceral.

Karena perut buncit tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang menarik tapi juga beresiko untuk kesehatan. penumpukan lemak perut rentan meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

Selain itu perut buncit karena lemak yang menumpuk juga beresiko memunculkan penyakit diabetes sehingga masalah tekanan darah.

Maka dari itu penting untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat membuat perut buncit supaya Anda dapat mengurangi hal tersebut.

Berikut ini merupakan kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan perut buncit.

1. Terlalu banyak minum alkohol
Tidak hanya dapat merusak fungsi ginjal dan hati, tapi juga dapat membuat perut buncit karena alkohol membuat protein menjadi terbuang sementara lemak tertahan di tubuh termasuk Area perut.

2. Sering makan junk food
Kebiasaan makan junk food atau makanan cepat saji dapat membuat perut jadi buncit dan berat badan naik. Karena junk food mengandung banyak lemak, kalori, dan rendah gizi.

3. Terlalu banyak makan manis
Makanan manis atau yang mengandung gula dapat menimbulkan Tumbukan lemak pada area perut, karena akan membuat tubuh kelebihan gula dan menyimpannya sebagai lemak di perut.

Terlalu banyak makan makanan yang manis juga akan membuat tubuh mengeluarkan hormon yang mengakibatkan resistensi leptin.

Maka tubuh akan terus menerus merasa lapar sehingga merangsang untuk makan lagi.

4. Makan terlalu malam, bahkan menjelang tidur
Hal ini dapat membuat perut menjadi buncit karena ketika malam hari tubuh sudah lelah dan ingin istirahat, sehingga produksi insuli in untuk mengolah kalori menjadi lebih rendah.

5. Kurang minum
Ketiga kurang minum maka fungsi proses pembakaran lemak menjadi energi akan menurun.
Kurang minum juga menimbulkan dehidrasi yang membuat organ tubuh tidak bekerja secara optimal.

Tinggalkan Balasan