Separuh Populasi AS Sudah Divaksin

Thailand Percepat Jarak Pemberian Dosis Vaksinasi

Washington, KabarBerita.id — Gedung Putih menyebut setengah dari populasi AS sudah mendapat dua dosis vaksin Covid-19. di tengah serbuan Virus Corona varian Delta.

“50 persen orang Amerika (semua usia) sekarang sudah divaksinasi lengkap. Lanjutkan!” kicau Cyrus Shahpar, direktur Data Covid-19 Gedung Putih, lewat akun Twiter-nya, Jumat (6/8).

Hal itu berarti lebih dari 165 juta orang telah menerima dua dosis vaksin Moderna atau Pfizer serta Johnson & Johnson yang cukup satu suntikan.

Pada akhir Mei, setengah dari orang dewasa di Amerika sudah divaksinasi penuh. Shahpar mengatakan angka vaksinasi naik 11 persen dari pekan sebelumnya, atau naik 44 persen selama dua minggu terakhir.

Amerika Serikat sendiri merupakan negara yang paling terpukul oleh pandemi dengan 615.000 kasus kematian. Presiden AS Joe Biden pun menggencarkan program vaksinasi yang agresif sejak awal menjabat.

Namun, rencana itu terhambat keberadaan Virus Corona varian Delta. Kasus baru harian, kematian, dan rawat inap meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir.

Gedung Putih menyebut pada pekan lalu rata-rata muncul 90 ribu kasus Corona baru per hari. Florida dan Texas menyumbang sepertiga di antaranya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan angka itu naik 43 persen dari pekan sebelumnya.

Kota-kota seperti New York dan Los Angeles memberlakukan aturan pembatasan sosial baru, seperti menjadikan surat vaksinasi sebagai syarat untuk memasuki tempat-tempat umum seperti restoran dan pusat kebugaran.

Tinggalkan Balasan