Separatis Luhansk Bertempur hingga ‘Merdeka’ dari Ukraina, Putin Beri Pujian

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Rusia, Vladimir┬áPutin memuji kelompok separatis Luhansk karena berhasil “memerdekakan” tanah mereka dari Ukraina dalam pertempuran pada awal pekan ini.

“Selamat dan penghargaan saya kepada para tentara Korps Tentara Milisi Republik Rakyat Luhansk,” ujar Putin dalam pidato yang dirilis di situs resmi Kepresidenan Rusia, Senin (4/7).

Putin kemudian berkata, “Saya tahu mereka bekerja aktif dan kompeten dan menunjukkan keberanian dan heroisme dalam arti yang sesungguhnya, ketika memerdekakan tanah air mereka.”

Selain itu Putin memastikan bahwa personel militer Rusia yang bertarung di Luhansk akan diberikan penghargaan atas keberaniannya.

Belum Puas, Rusia Disebut Siap Gempur Donetsk usai Kuasai Luhansk.

Ia juga memecut pasukan Rusia di wilayah lain untuk memenuhi tugas seperti yang sudah direncanakan sebelumnya.

Putin menyampaikan pujian itu ketika sedang berbincang dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. Dalam perbincangan itu Shoigu juga membanggakan pasukan Rusia karena bisa menguasai Gorsky, Lysyschansk, dan Severodonetsk dalam waktu dua pekan.

Shoigu juga mengklaim sebanyak 5.469 tentara Ukraina tewas dalam serangan itu.

Rusia merayakan kemenangan ini setelah merebut Kota Lysyschansk pada Minggu (3/7). Lysyschansk merupakan kota terakhir di wilayah Luhansk yang masih berada di bawah kendali Ukraina.

Pihak Ukraina sendiri mengakui telah menarik mundur pasukan mereka dari kota itu.

“Kami akan membangun kembali tembok-tembok. Kami akan mengambil kembali lahan kami, dan masyarakat harus dilindungi di atas apa pun,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan