Berita  

Seorang Pengungsi Bencana Dirujuk ke RS Karena Melahirkan

MAKASSAR, Kabarberita.id – Seorang pengungsi gempa dan tsunami asal Sulawesi Tengah yang ditampung di Asrama Haji Sudiang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Makassar, untuk melahirkan hari ini.

“Jadi seorang pengungsi dari Wisma 11 Asrama Haji Sudiang kita rujuk ke rumah sakit karena ingin melahirkan,” kata Sekretaris Penanganan Pengungsi Asrama Haji Sudiang Ahyan di Makassar, Rabu (10/10/2018).

Ia menjelaskan, proses rujukan sudah dilakukan sesuai prosedur. Pihaknya juga sudah mendapatkan informasi jika salah satu pengungsi tengah dalam kondisi hamil yang patut mendapatkan perhatian.

Sementara terkait kebutuhan khususnya untuk pengungsi yang memiliki bayi, dirinya mengakui membutuhkan popok ataupun susu formula.

Pihaknya juga mengapresiasi atas bantuan dari masyarakat khususnya Kota Makassar. Bantuan yang diberikan begitu berguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan para pengungsi yang berada di lokasi pengungsian tersebut.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham A Gazaling menjelaskan, dalam penanganan pengungsi, selain menyiapkan tempat penampungan sementara. Pihaknya juga menyiapkan kebutuhan dasar pokok bagi seluruh pengungsi yang ditampung.

“Baik itu kebutuhan pakaian, termasuk makan mereka dalam sehari, semua kita penuhi dengan baik,” sebut dia.

Selain itu, lanjut Ilham, pihaknya juga mencoba untuk memfasilitasi pengungsi yang akan melanjutkan perjalanan ke daerah lainnya. “Kami koordinasi dengan Dinsos daerah lain, sehingga pengungsi yang akan melanjutkan perjalanan bisa difasilitasi,” jelasnya.

Menurut dia, seluruh pelayanan yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel akan berlangsung hingga seluruh pengungsi yang ditampung di Asrama Haji kembali ke daerah masing-masing.

Tinggalkan Balasan