Info  

Selain Sinar Matahari,Berikut Sumber Vitamin D

Jakarta,KabarBerita.id — Belakangan ini kita seringkali melakukan aktivitas berjemur demi dapatkan vitamin D untuk kesehatan tubuh.Selain berjemur,ternyata kita juga bisa dapatkan vitamin D melalui makanan yang kita konsumsi.

Menurut keterangan dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Premier Bintaro, Ariska Sinaga, tubuh kita membutuhkan 400 hingga 800 International Unit [IU] vitamin D per harinya.Yang mana hal tersebut bisa didapatkan melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin D.

1. Ikan sarden
Selain harganya yang terjangkau, ternyata di dalam ikan sarden terkandung sekitar 270-300 IU vitamin D.

2. Ikan salmon
Diantara makanan lain, ikan salmon merupakan sumber vitamin D yang paling banyak. Menurut Ariska dalam 100 gram ikan salmon terdapat 526 IU vitamin D.

3. Ikan Tuna
Selain sarden dan salmon terdapat ikan lain yang mengandung vitamin D yakni ikan tuna. Rata-rata di dalam 100 gram ikan tuna terkandung vitamin D sebanyak 227 IU.

4. Kuning Telur
Dikenal sebagai makanan tinggi kolesterol kuning telur seringkali dihindari. Akan tetapi di dalam kuning telur ternyata terkandung banyak vitamin D.

Selain vitamin D, di dalam kuning telur juga terkandung seng dan selenium yang kesemuanya dapat bantu meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Minyak ikan kod
Untuk yang satu ini sudah seringkali dikenal sebagai suplemen populer yang kaya akan vitamin D. Konsumsi minyak ikan kod bisa jadi alternatif apabila kita tidak suka mengkonsumsi ikan.

Di dalam minyak ikan kod terkandung vitamin D sebanyak 448 IU.

6. Jamur
Bagi kita yang merupakan vegetarian maka kita bisa memilih untuk mengonsumsi jamur yang juga merupakan sumber vitamin D.

Akan tetapi dari beberapa jenis jamur terkandung jumlah vitamin D yang berbeda-beda.Dibandingkan dengan jamur yang ditanam secara komersial jamur liar biasanya memiliki lebih banyak vitamin D.

Tinggalkan Balasan