Selain Sebagai Bahan Kue, Berikut Beragam Manfaat lain dari Baking Soda

  • Bagikan
Soda Kue

Jakarta, KabarBerita.id — natrium bikarbonat atau yang biasa dikenal dengan soda kue atau baking soda sering kita ketahui kegunaannya ialah sebagai bahan pengembang roti karena memiliki sifat ragi yang dapat menghasilkan karbondioksida.

Namun ternyata diketahui terdapat manfaat lain yang dimiliki oleh baking soda selain untuk memasak. Berikut beragam kegunaan dari baking soda.

1. Sebagai obat kumur

Dalam rutinitas menjaga kebersihan mulut selain gosok gigi ialah dengan menggunakan obat kumur. Yang mana dengan berkumur dengan obat kumur juga dapat membersihkan hingga ke celah gigi, gusi, serta lidah kita.

Menurut Healthline sebagai pengganti obat kumur banyak orang-orang yang menggunakan soda kue. Beberapa studi memang membuktikan bahwa hal tersebut dapat membantu menyegarkan nafas serta memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Akan tetapi, banyak penelitian lain yang menemukan bahwa berkumur dengan menggunakan soda kue tidak dapat menurunkan kadar bakteri dalam mulut.

Meskipun demikian apabila kita tetap ingin mencoba berkumur menggunakan soda kue, kita hanya perlu siapkan setengah sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air hangat, lalu berkumur.

2. Pengganti Deodoran

Bakteri yang telah melakukan penguraian di ketiak kita membuat saringan kita menjadi berbau. Yang mana bakteri tersebut mengubah keringat kita menjadi produk limbah asam.

Soda kue dinilai dapat menghilangkan bau tidak sedap dari keringat dengan menjadikan bau tersebut tidak terlalu asam.
Selain di ketiak, soda kue juga dapat menghilangkan bau tak sedap yang biasa muncul dari dalam sepatu yang kita pakai.

3. Membersihkan noda

Soda kue merupakan alkali atau garam larut yang mampu menghilangkan noda atau kotoran. Saat dilarutkan ke dalam air alkali dapat berinteraksi dengan asam yang terkandung dalam noda sehingga membantu menghilangkannya .

Kita hanya perlu menambahkan setengah cangkir soda kue ke dalam deterjen cucian. Dengan pencampuran ini kita hanya memerlukan lebih sedikit deterjen dari biasanya.

Selain menghilangkan noda soda kue juga dapat menghilangkan bau busuk pada peralatan dapur. Kita hanya perlu membuat soda kue menjadi pasta kalau kemudian mengoleskannya ke permukaan dengan spon secara menyeluruh.

4. Meredakan sakit migrain

Menurut test of home saat kita merasakan nyeri migrain kita hanya perlu meminum segelas air dengan mencampurkan 1 SDT soda kue. Hal tersebut dinilai dapat membantu meredakan nyeri migrain.

Selain metode tersebut kita juga bisa secara langsung berendam di bak mandi yang sudah diisi oleh soda kue yang mana hal tersebut bisa memberikan rasa lega dari migrain.

5. Meringankan kulit yang gatal dan yang terbakar sinar matahari

Mandi dengan menggunakan soda kue diketahui bisa menenangkan kulit yang gatal akibat gigitan serangga, tersengat lebah, atau terbakar sinar matahari.

Dalam membuat bak mandi soda kue kita hanya perlu menambahkan satu hingga dua cangkir soda kue dalam bak air hangat. Dan memastikan bahwa area yang gatal terendam secara menyeluruh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan