Segudang Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Jakarta, KabarBerita.id — Daun pepaya dikenal memiliki banyak manfaat. Daun dengan cita rasa pahit ini telah lama digunakan sebagai bahan alami pada pengobatan tradisional terutama di Asia dan Amerika Selatan.

Kandungan senyawa aktif di dalamnya dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat daun pepaya?

Beberapa kandungan di dalamnya seperti enzim papain, antioksidan, vitamin A, vitamin C, serat dan lainnya diketahui dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan, infeksi, hingga penyakit jantung.

Berikut manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh, dirangkum dari National Library of Medicine dan sumber lainnya.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Daun pepaya mengandung enzim papain dan karpain yang dapat membantu mengurai protein dalam makanan dan membantu pencernaan.

Selain itu, kandungan serat pada daun pepaya juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan meredakan masalah pencernaan seperti kembung, diare, dan sembelit.

2. Menurunkan kadar gula darah

Masyarakat Meksiko sering menggunakan daun pepaya sebagai bahan pengobatan terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol gula darah.

Kandungan senyawa alami seperti flavonoid pada daun pepaya dipercaya dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dan mencegah terjadinya diabetes.

3. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daun pepaya lainnya yakni untuk kesehatan kulit. Pasalnya, daun pepaya mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, membantu mencegah kerutan, serta memperbaiki kerusakan sel.

4. Mengatasi infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu bagian dari sistem kemih, seperti kandung kemih, ureter, atau uretra. Infeksi saluran kemih ini biasanya disebabkan oleh bakteri, seperti Escherichia coli (E. coli).

5. Menurunkan risiko kanker

Daun pepaya mengandung senyawa antioksidan seperti karotenoid, flavonoid, dan asam klorogenat yang dapat membantu mencegah risiko kanker.

Selain itu, vitamin B-17 yang dimiliki daun pepaya digunakan untuk menyembuhkan pasien kanker dalam pengobatan kemoterapi konvensional.

6. Meningkatkan produksi ASI

Bagi yang mengalami masalah ASI tidak lancar, daun pepaya ini bisa menjadi salah satu solusi yang patut untuk dicoba. Sebab kandungan senyawa pada daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Tinggalkan Balasan