Sebelum Vaksin Booster Covid-19, Persiapkan 7 Hal ini

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Vaksin booster adalah suntikan vaksin dosis ketiga yang berfungsi untuk memperkuat antibodi dalam melawan virus Covid-19 yang akhir-akhir ini kembali merebak. Pada hari Rabu (12/1), masyarakat mulai mendapatkan vaksin booster Covid-19.

Syarat penerima vaksin booster antara lain, berusia 18 tahun ke atas, tinggal di wilayah yang sudah mencapai vaksinasi dosis kedua sebanyak 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan sebelumnya. Lansia dan orang yang memiliki penyakit penyerta lebih diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin booster.

Sebelum mendapatkan vaksin booster, berikut hal yang harus dipersiapkan:

1. Alokasikan waktu

Catat jadwal untuk mendapatkan vaksin dan sediakan waktu yang cukup untuk bisa mendapatkan vaksin booster. Setelah divaksin, diharuskan menunggu sekitar 30 menit untuk melihat reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

2. Gunakan pakaian yang nyaman

Lebih baik kenakan pakaian yang mudah dibuka pada bagian lengan. Misalnya jaket, kemeja, atau kaus longgar. Hal ini akan memudahkan saat dilakukan penyuntikan vaksin.

3. Makan makanan bergizi

Sebelum melalukan vaksin, dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Jaga daya tahan tubuh

Penyuntikan vaksin akan ditunda jika Anda sakit seperti demam atau tidak enak badan. Maka ishakan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh sebelum divaksin.

5. Protokol kesehatan

Selalu gunakan masker dengan benar, rajin mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

6. Jangan panik dengan efek samping

Kemungkinan akan ada efek samping setelah Anda mendapatkan vaksin booster. Setiap orang mengalami efek samping yang beragam seperti rasa nyeri atau sakit di tempat suntikan, demam, dan lelah.

Jika mengalami nyeri demam, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri atau penurunan panas.

7. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat dianjurkan baik sebelum ataupun setelah vaksin. Dengan beristirahat yang cukup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Itulah 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan vaksin booster Covid-19.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan