Berita  

SBMPTN Diikuti 860.001 Peserta Naik 15 Persen

Solo, KabarBerita.id — Sebanyak 860.001 peserta mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 di seluruh Indonesia.”Angka ini naik 15 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi di Solo, Senin.

Ia mengatakan dari total peserta tersebut, sebagian mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTDK) dan sebagian lagi mengikuti ujian tulis berbasis cetak (UTDC).

Sebagai rincian, dikatakannya, untuk peserta SBMPTN yang mengikuti UTDC sebanyak 833.820 orang, sedangkan sisanya mengikuti UTDK.

“1.000 orang dari yang mengikuti UTDK ini akan menggunakan teknologi berbasis android. Teknisnya mereka akan mengerjakan di ponsel masing-masing,” kata Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tersebut.

Dia mengatakan akan ada panduan yang bisa diikuti oleh peserta yang mengerjakan UTDK berbasis android tersebut. Mengenai peserta yang mengerjakan UTDK berbasis android sejauh ini hanya untuk tes masuk di Universitas Pajajaran.

“Ini permulaan, tahun depan diharapkan dapat meluas. Mengapa saat ini baru Pajajaran, karena di sana yang mendesain teknologi ini sejak awal. Dari sisi kecukupan perangkat, di sana yang paling siap,” katanya.

Tinggalkan Balasan