Saudi Pangkas Jeda Azan dan Ikamah Subuh-Isya Jadi 10 Menit

Jakarta, KabarBerita.id — Arab Saudi memangkas jeda waktu azan dan ikamah untuk salat Subuh dan Isya menjadi 10 menit.

Saudi biasanya memberi jeda waktu antara azan dan ikamah selama sekitar 30 menit baik untuk salat Subuh maupun Isya.

Diberitakan Saudi Gazette, Menteri Urusan Agama Islam Saudi Abdullatif Al-Alsheikh mengeluarkan instruksi ini yang berlaku sejak awal Ramadan kepada instansi terkait.

Instruksi itu disampaikan ke cabang kementerian di seluruh wilayah Kerajaan. Semuanya diminta mengadopsi kebijakan tersebut demi kemudahan dan kenyamanan jemaah selama beribadah di bulan suci.

Dikutip Gulf News, kebijakan baru ini bertujuan untuk merampingkan proses salat dan memastikan bahwa jemaah dapat berpartisipasi secara efisien dalam salat Subuh dan Isya selama periode Ramadan.

Kementerian menyatakan bakal terus memantau situasi dan bekerja sama dengan semua instansi terkait untuk memastikan arahan ini diimplementasikan secara tepat.

Belakangan Saudi merilis sejumlah aturan yang berlaku selama bulan suci Ramadan.

Beberapa aturan itu antara lain mengimbau imam dan muazin tak absen selama Ramadan kecuali kebutuhan mendesak, meminta imam dan muazin mematuhi aturan jadwal azan yang sudah ditetapkan, dan meminta jemaah berbuka puasa hanya di area yang sudah ditentukan.

Selain itu Saudi juga melarang jemaah memotret imam dan aktivitas jemaah saat salat, mengunggah foto saat salat ke media apa pun, membawa anak ke masjid, hingga membuka sumbangan untuk acara buka puasa atau sejenisnya.

Tidak hanya itu, Saudi juga meminta pembacaan doa kunut saat tarawih tak diperpanjang dengan doa lain.

Tinggalkan Balasan