Berita  

Saudi Arabian Airlines Beroperasi di Terminal 3

Saudi Arabian 777-300ER Artwork K65053

Image result for saudi airlines

Ho Chi Minh, KabarBerita.id – Seluruh penerbangan Saudi Arabian Airlines akan beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta terhitung mulai 10 Juli 2017.

Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan dalam keterangan tertulis, di Ho Chi Minh, Sabtu, mengatakan sebelumnya maskapai tersebut beroperasi di Terminal 2, sehingga pengamanan akan ditingkatkan.

Adapun rute yang akan dilayani serupa seperti di Terminal 2, yakni tujuan Jeddah, Riyadh, dan Madinah.

Seluruh penerbangan tersebut akan menggunakan pesawat wide body Boeing 777-300 ER.

Wakan mengaku persiapan dalam perpindahan operasional tersebut sudah direncanakan dengan sangat baik.

PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta telah merancang perpindahan operasional tersebut dengan kematangan yang lebih baik.

“Dari pelayanan dan fasilitas, baik dari sisi airside dan landside sudah kami persiapkan, ” katanya.

Menurutnya, Terminal 3 Internasional itu dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital, seperti baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS) dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi keberangkatan dan kedatangan.

Selain itu, juga terdapat total 32 pintu otomatis (autogate) imigrasi, dengan masing-masing 15 autogate imigrasi keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.

“Kita juga sudah menerapkan ‘common use check-in counter system’ yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” ujar Wakan.

Pada titik pemeriksaan penumpang (security check point) sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit sinar-x dan dari dua unit pemindau tubuh (body scanner), akan ditambah total menjadi enam unit body scanner untuk mendukung terwujud keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat.

Sejumlah gerai makanan dan minuman juga sudah ramai membuka gerai untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat rute internasional ini maupun pengunjung terminal.

Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi berbagai fasilitas pendukung yang sudah dialokasikan di Terminal 3, seperti check-in counter, wifi gratis, interner gratis (free internet booth), “free charging booth”, “contact stand”, ground support system (GSS), dan dalam waktu dekat juga akan tersedia self check-in di internasional.

“Prinsipnya pelayanan di Terminal 3 dipastikan akan lebih baik, sehingga memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara,” ujarnya.

Selain Saudi Arabian Airlines, dalam waktu dekat akan ada beberapa maskapai yang juga akan memindahkan operasinya di Terminal 3, di antaranya Vietnam Airlines, Korean Air, dan Xiamen Air.

Tinggalkan Balasan