Satgas Pastikan PON Papua Tetap Lanjut Meski Terdapat 39 Kasus Positif Covid-19

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kendati ditemukan 39 orang terinfeksi Virus Corona, Satgas penanganan Covid-19 pastikan perhelatan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tetap dilanjutkan. Puluhan orang tersebut terpapar Covid-19 dengan status tanpa gejala atau OTG.

Alexander Kaliaga Ginting selaku Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Kamis (7/10), pastikan akan perketat protokol kesehatan selama kompetisi berlangsung. Saat ini puluhan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 telah dikarantina di tempat isolasi terpusat yang difasilitasi Pemda Papua.

Alex menuturkan pemerintah kini terus berusaha menggencarkan testing dan tracing di wilayah-wilayah tempat penyelenggaraan PON XX. Selain itu pemerintah juga akan terus mengupayakan melakukan teknik pencarian strain virus baru agar bisa mendeteksi potensi munculnya mutasi virus dengan Whole Genome Sequencing (WGS).

Pemerintah juga menyatakan akan terus meningkatkan program vaksinasi di Papua di 5 kabupaten kota penyelenggara PON yang masuk prioritas dalam penerimaan vaksin, yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Keerom.

Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengklaim bawa penyebaran Covid-19 yang terjadi dalam ajang olahraga tersebut masih terus termonitor. Pendeteksian terus dilakukan demi mencegah penyebaran yang lebih luas.

Airlangga juga menuturkan bahwa saat ini Pemerintah tengah menyoroti 2 event olahraga besar yang akan diselenggarakan di Indonesia yakni Superbike Mandalika pada November mendatang, serta Liga 1 dan Liga 2.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan