Satgas: Masih Menjadi Tugas Besar Kita Untuk Turunkan Angka Kematian Covid-19

  • Bagikan

Jakarta,KabarBerita.id — Upaya menurunkan angka kematian covid-19 menurut Wiku Adisasmito,Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 masih menjadi tugas yang besar bagi kita semua.

Wiku dalam konferensi pers virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/8), menyampaikan bahwa kita perlu menjadikan perhatian untuk turunkan angka kematian di Indonesia.

Prosentase kasus kematian Indonesia per tanggal 29 Agustus 2021 capai 3,24% Yang mana lebih tinggi dari rata-rata dunia 2,08%.

Wiku menuturkan dalam sepekan terakhir terdapat 10 provinsi baik di Jawa maupun di luar Jawa yang merupakan penyumbang hingga 75% angka kematian covid 19 secara nasional. Dari kesepuluh provinsi tersebut penyumbang terbanyak ialah provinsi Jawa Timur dengan 1200 angka kematian.

Wiku menyatakan ini sudah ada peningkatan kan kualitas pelayanan kesehatan di tiap Provinsi, akan tetapi angka kematian masih belum dapat ditekan.

Menurutnya hal tersebut dapat terjadi karena penanganan bagi warga yang terkena covid 19 tidak dilakukan secara sigap atau adanya masyarakat yang masih memilih untuk melakukan isolasi mandiri.

Terlebih saat ini fokus pelayanan kesehatan tak tertuju pada pencegahan dan pengawasan disiplin prokes, melaiankan masih ditujukan hanya bagi pasien yang sudah dinyatakan positif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan