Saiful Halim Tantang Anak Muda Kalsel Urun Rembug Membaiki Banua

Banjarmasin, KabarBerita.id — Pegiat Sosial sekaligus pelopor gerakan Membaiki Banua Saiful Halim menantang anak-anak muda Kalimantan Selatan untuk bersama Membaiki Banua.

Bagi Saiful, persoalan di Kalimantan Selatan adalah kepedulian bersama. Saat ini terjadi persoalan dari masalah lingkungan, sosial-kemasyarakatan hingga kebudayaan yang perlu sentuhan sosok yang progresif seperti anak muda.

Alumnus ITB ini menyebut, realitas yang terjadi di Kalimantan Selatan menyimpan banyak masalah seputar kerusakan lingkungan, konflik tanah tambang, layanan kesehatan, hingga belum optimalnya infrastruktur, teruutama jalan.

“Kita bisa lihat di media sosial kita disuguhkan berita kecelakaan yang sebagian karena buruknya kondisi jalan,” urainya dalam keterangannya.

Belum lagi menurut profesional di bidang tambang ini, akhir akhir ini berbagai kerusakan lingkungan di Kalimantan Selatan seperti banjir, kebakaran lahan, dan kerusakan jalan raya itu diyakini masyarakat sebagai ekses negatif dari kegiatan pertambangan. Padahal belum tentu demikian apabila kaidah _best mining practices_ betul betul diterapkan. Lantas dimana masalahnya dan bagaimana solusinya?

Salah satu potensi yang bisa menjadi solusi menurut Saiful adalah Kalangan Anak Muda Kalsel”Saya tantang mereka memberikan ide-ide kratif dan solutif untuk Membaiki Banua,” tegas Saiful.

Sebab itu, penggagas gerakan Membaiki Banua ini menyelenggarakan kegiatan kontes ide online bertajuk “Anak Muda Membaiki Banua.”

“Anak muda adalah sosok yang partisipatif. Mereka harus dilibatkan sebagai subjek dan pelaku. Bukan hanya objek sebuah kebijakan. Saya yakin Bumi Lambung Mangkurat bisa diperbaiki bersama dengan anak-anak muda,” kata dia.

Lalu bagaimana cara mengikuti Kontes Ide Online “Anak Muda Membaiki Banua”? Kontes gagasan ide “Anak Muda Membaiki Banua” bisa dilihat di Facebook, Instagram dan Tiktok @saifulhalimkalsel

Tinggalkan Balasan