Saat Cuaca Panas, Ahli Sarankan Hindari Minuman Tinggi Kafein dan Alkohol

  • Bagikan
Ilustrasi Cuaca Panas

Jakarta, KabarBerita.id — Berada di luar ruangan saat cuaca sedang panas memiliki beberapa risiko yang salah satunya ialah mengalami dehidrasi. Yang mana terdapat beberapa bahaya yang tidak kita sadari saat kita berusaha menanggulangi rasa dehidrasi.

Salah satu bahayanya ialah ketika kita mengonsumsi minuman tertentu seperti minuman bersoda, yang mengandung alkohol, atau yang tinggi kafein saat merasa dehidrasi. Menurut Best Life, para ahli menyarankan untuk kita menghindari minuman tersebut demi menurunkan resiko buruk yang akan terjadi.

Tanpa kita ketahui minuman-minuman tersebut malah akan membuat kita merasa semakin dehidrasi. Para ahli menyarankan untuk kita menghindari meminum alkohol dan hanya meminum secukupnya kafein saat cuaca panas.

Dilansir dari USA Today, Riana Pryor, PhD, seorang profesor di Departemen Ilmu Latihan dan Gizi menyatakan bahwa alkohol merupakan penyebab terbesar dari dehidrasi. Selain itu meminum minuman berkafein juga harus kita batasi.

Menurut keterangannya kafein dalam bentuk apapun, baik itu teh, soda, maupun kopi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang saat cuaca panas. Sementara itu alkohol harus dibatasi sepenuhnya karena bisa membuat dehidrasi semakin meningkat.

Menurut penelitian yang diterbitkan American journal of psychology, minuman kemasan dapat memper buruk dehidrasi serta membuat cidera ginjal.

Sementara itu juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Heather Mangieri, RDN, mengemukakan bahwa konsumsi kopi dan teh saat cuaca panas bisa dianggap aman apabila dikonsumsi oleh orang yang telah terbiasa meminumnya. Pun mereka juga harus meminum banyak air.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan