Berita  

Rupiah Masih Keok, Sudah Tembus Rp14.073

Jakarta, KabarBerita.id — Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi, bergerak melemah sebesar 30 poin menjadi Rp14.073 dibanding posisi sebelumnya Rp14.043 per dolar AS.

Kurs dolar AS menguat terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), di tengah data ekonomi positif dan kekhawatiran geopolitik.

Di sisi ekonomi, jumlah lowongan pekerjaan meningkat menjadi 6,6 juta pada hari kerja terakhir Maret, mengalahkan konsensus pasar 6,1 juta, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Selasa (8/5).

Pada Selasa (8/5) sore, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, perjanjian penting yang ditandatangani pada 2015.

Keputusan itu diungkapkan Trump dalam pidato yang disiarkan melalui televisi. Ia menambahkan bahwa dirinya tidak akan menandatangani surat pelepasan sanksi-sanksi atas Iran terkait nuklir.

Trump mengulang sikap tegasnya soal kesepakatan tersebut, yang dianggapnya gagal mencegah Iran mengembangkan senjara nuklir atau mendukung terorisme di kawasan.

Gedung Putih bersikeras untuk mengambil keputusan itu kendati Trump mengakui dalam pidatonya bahwa Iran telah mematuhi kesepakatan.

Para analis mengatakan greenback menguat pada Selasa (8/5) ke level tertinggi 2018 terhadap sekeranjang mata uang akibat pembelian “safe-haven”.

Tinggalkan Balasan