Rupiah Keok Lawan Dolar, Jokowi: Negara Lain Juga Sama

0
1,228 views

Riau, KabarBerita.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut memantau perkembangan pergerakan nilai tukar rupiah yang melemah ke angka Rp 14.043 per dolar AS.  Menurut Jokowi, persoalan nilai tukar mata uang sebenarnya bukan hanya terjadi di Indonesia. Negara lain pun mengalami hal serupa.

Ini karena perang dagang negara-negara besar serta kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS) yang kemungkinan akan menaikkan tiga hingga empat kali dalam beberapa waktu ke depan.

“Semua negara ini mengalami hal yang sama. Kita terus (komunikasi dengan Bank Indonesia), bahkan sebelum saya berangkat ke sini (Riau) pun komunikasi,” kata Jokowi saat meresmikan peremajaan kelapa sawit di Rokan Hilir, Riau, Rabu (9/5).

Di sisi lain, Jokowi menambahkan, pelemahan rupiah pun sebenarnya memberikan keuntungan bagi Indonesia. Salah satunya adalah industri kelapa sawit yang menyumbang devisa cukup besar dengan ekspor yang dilakukan. Makin banyak eskpor dengan nilai mata uang rupiah sekarang maka makin banyak penghasilan yang didapatkan.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) di Bank Indonesia (BI), nilai tukar rupiah sebesar Rp 14.036 per dolar AS pada Selasa (8/5), sedikit melemah dibandingkan Senin (7/5) di level Rp 13.956 per dolar AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here