Romi, Sosok yang Menyodorkan Ma’ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi

0
23 views

Jakarta, KabarBerita.id — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap Muhammad Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romi, dalam operasi tangkap tangan (OTT) Jumat (15/3).

Jelang pendaftaran Pilpres 2019, Romi dan sejumlah nama lain santer diisukan akan maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo. Namun, akhirnya Jokowi memilih Ma’ruf Amin untuk mendampinginya. Romi kini menjadi bagian dari Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf.

Romi dalam satu kesempatan memang mengaku menjadi orang yang menyodorkan nama Ma’ruf Amin kepada Jokowi. Hal itu diakuinya terjadi pada 3 Desember 2017. Saat itu, ia menginginkan agar Rais Aam PBNU dapat masuk kandidat cawapres Jokowi.

“Jujur saya menyebut Ma’ruf Amin di urutan pertama,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Sebulan setelah menyodorkan Ma’ruf, Romi mengaku sengaja mengunjungi kediaman Ketua Umum MUI itu untuk bersilaturahmi. Saat itu, Romi menyampaikan laporan bahwa dirinya telah menyodorkan nama Ma’ruf sebagai bakal cawapres Jokowi dari PPP.

Romi mengaku bersalah dan ditegur oleh Ma’ruf karena tidak berkomunikasi terlebih dahulu sebelum menyodorkan nama Ketua MUI itu ke Jokowi. Maruf menegurnya dan menyatakan tak bersedia karena alasan umur yang sudah menua dan tak muda lagi. Namun demikian, perjalanan politik membuat Ma’ruf Amin kemudian dipastikan mendampingi Jokowi di Pilpres 2019

Seperti diketahui, saat ini perjalanan politik Romi mendapatkan batu sandungan setelah santer kabar beredar dirinya ditangkap dalam satu operasi tangkap tangan KPK di Surabaya.

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan soal operasi senyap tersebut. Namun dia tak membeberkan identitas para pihak yang ditangkap dalam OTT dimaksud. Dia hanya meminta semua pihak bersabar dan menunggu keterangan resmi dari KPK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here