Respons Ancaman Demokrat, Sudirman Said: Cawapres Anies Lagi Ditimbang

Jakarta, KabarBerita.id — Anggota tim delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Sudirman Said mengatakan tim delapan sedang melakukan finalisasi dan menimbang plus-minus sosok calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Ini ia menyampaikan untuk merespons ancaman Ketua Bappilu DPP Demokrat Andi Arief yang bakal mengevaluasi dukungan ke Anies Baswedan jika tak kunjung mengumumkan bakal cawapres pada Juni.

“Pada saat ini tim delapan terus melakukan pendalaman untuk finalisasi baik waktu terbaik pengumuman calon wakil presiden maupun deklarasi gabungan. Semua opsi sedang ditimbang plus minusnya,” kata Sudirman, Senin (5/6).

Anies memiliki tim kecil yang dinamakan Tim 8. Tim ini terdiri atas perwakilan NasDem, PKS, serta Demokrat dan Anies. Tim ini memiliki tugas untuk membantu mencari dan memberi masukan buat calon wakil presiden yang bakal mendampingi Anies.

Sudirman memahami setiap partai anggota koalisi Anies memiliki aspirasi, baik soal opsi cawapres maupun waktu terbaik melakukan deklarasi bersama.

Mahfud Tolak Jadi Cawapres Anies: Agar Koalisi Perubahan Tidak Pecah
Ia pun menghargai aspirasi Demokrat agar segera dilakukan deklarasi bersama. Dari upaya itu, ia mengatakan akan menambah keyakinan meningkatnya elektabilitas Anies Baswedan dan para parpol pengusungnya.

“Tugas Tim 8 menjembatani semua aspirasi tersebut, yang dalam beberapa hal tidak selalu sama,” kata dia.

Sudirman bersyukur suasana saling percaya terjalin Tim 8 KPP. Baginya, kondisi ini memudahkan dalam mengkomunikasikan pelbagai hal yang menjadi perhatian dan aspirasi para pihak.

“Upaya untuk penguatan koalisi terus kami lakukan. Mengingat memang tekanan dalam berbagai bentuk terus dialami oleh rekan-rekan koalisi,” kata dia.

Sebelumnya Andi Arief mengatakan Demokrat akan mengevaluasi dukungan ke Anies jika tak kunjung mengumumkan bakal cawapres pada Juni. Namun, Andi tak menjelaskan evaluasi dukungan seperti apa yang akan diambil Demokrat kelak. Andi mengakui ada tren penurunan elektabilitas Anies di sejumlah hasil survei. Teranyar, tren penurunan tersebut terungkap lewat hasil survei yang dirilis Indikator.

“Kalau Juni belum deklarasi berpasangan, kemungkinan Demokrat akan mengevaluasi,” ucap Kepala Bappilu DPP Demokrat Andi Arief saat dihubungi, Senin (5/6).

Tinggalkan Balasan