Rencana Bocor, Pertemuan Pangeran Salman dan PM Israel Batal

Saudi, KabarBerita.id — Agenda pertemuan antara Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, di Washington D.C., Amerika Serikat, pada pekan depan batal akibat rencana itu bocor.

Seperti dilansir Middle East Eye, Jumat (28/8), Tanggal kunjungan dilaporkan sudah ditetapkan dan mereka sudah mengirim tim protokol. Dilaporkan pertemuan itu akan digelar pada 31 Agustus setelah Kongres Nasional Partai Republik selesai.

“Pangeran bin Salman hendak berkunjung ke Washington pada 31 Agustus. Itu sudah ditetapkan. Kunjungannya terkait dengan suatu hal yang besar berkaitan dengan Israel. Seperti apa tepatnya masih dalam pembicaraan,” kata sumber seorang pejabat Saudi.

“Di dalam pertemuan itu akan dilakukan dengan Netanyahu secara pribadi atau di depan kamera. Bagaimanapun juga itu hal besar. Hal itu bukan berarti pengumuman soal normalisasi hubungan, tetapi memberikan sinyal bahwa akan ke arah sana,” lanjut sumber itu.

Pangeran bin Salman dilaporkan sudah membeli empat rumah untuk dia dan rombongannya tinggal sementara. Sebab, dia dilaporkan enggan menginap di kedutaan besar atau rumah dinas duta besar yang dikhawatirkan bisa menjadi lokasi unjuk rasa.

Nampaknya rencana mempertemukan Pangeran bin Salman dan Netanyahu digagas oleh Presiden AS, Donald Trump, dan Penasihat Urusan Timur Tengah sekaligus menantu, Jared Kushner.

Keduanya menggencarkan rencana perdamaian Timur Tengah, dan sudah berhasil menengahi kesepakatan normalisasi hubungan antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel.

Rencana itu bubar pada Sabtu pekan lalu setelah Pangeran bin Salman menerima laporan bahwa agenda itu bocor. Padahal, dia dilaporkan mensyaratkan supaya pertemuan itu dilakukan secara diam-diam, dan kehadirannya juga hanya boleh diungkap jika pertemuan itu jadi digelar.

Tujuannya adalah supaya pihak-pihak yang bertentangan dengan sang putra mahkota tidak sempat menyiapkan pernyataan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here