Berita  

Ratusan Keluarga Korban Banjir Bandang Gunung Mas Mengungsi

Bandung, KabarBerita.id — Banjir Bandang terjadi di Kampung Gunung Mas Blok C Rt 01,02,03/02,03 dan Kampung Rawa Dulang, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa, (19/1). Banjir ini dipicu adanya hujan dengan intensitas tinggi sehari sebelumnya.

Menurut Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu, hujang dengan intensitas tinggi itu menimbulkan longsor dengan skala kecil. Namun, longsoran tersebut membendung aliran sungai yang akhirnya tidak bisa dibendung dan meluap ke pemukiman warga.

“Dampaknya 3 unit rumah rusak berat dan 1 unit warung rusak berat (RB),” ujar Budi kepada wartawan, Selasa (19/1) malam.

Budi mengatakan, jumlah masyarakat yang mengungsi adalah 40 kepala keluarga (KK)/180 jiwa mengungi ke pondokan (tersebar di 21 pondokan ), 2 KK / 11 Jiwa Mengungsi ke Cirohani (Samping Argamulya) 8KK/ 30 Jiwa Mengungsi ke Rawadulang, 111 KK / 416 Jiwa Mengungsi ke Kp Pengsiunan. “Alhamdulillah tak ada korban jiwa,” katanya.

Adapun upaya penanganan yang dilakukan BPBD Provinsi Jawa Barat, kata dia, adalah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor. Kemudian PUSDALOPS PB Kab Bogor mengasessment ke lokasi kejadian, serta melakukan evakuasi.

Selain itu, kata dia, Pusdalops PB Kabupaten Bogor berkoordinasi dengan aparat setempat untuk mememuhi kebutuhan mendesak. Seperti, pipa air torn/bak penampungan air (penampungan air bersih warga hancur), Perlengkapan bayi/kidswer+family kit. “Sementara logistik tercover oleh warga,” katanya.

Saat ini, ungkap dia, kondisinya warga sementara di ungsikan di rumah saudaranya dan sebagian di wisma PTPN 8 gunung mas. Banjir pun, sudah mulai surut. “BPBD Kabupaten bogor mendirikan posko di Gunung Mas untuk penerimaan logistik dan bantuan lainnya,” katanya.

Tinggalkan Balasan