Rambut Rontok Setelah Melahirkan Berikut Penyebab dan 5 Cara untuk Mengatasinya

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Karena kadar hormon yang naik turun usai melahirkan, sebagian wanita akan mengalami rambut rontok. Berikut cara mengatasinya.

Peningkatan kadar progesteron dan penurunan kadar estrogen akan terjadi pada wanita hamil, sehingga rambut wanita akan mulai jatuh ke tahap istirahat terlalu dini.

Usai melahirkan maka akan tumbuh kembali rambut baru sehingga rambut yang berada dalam fase istirahat menjadi rontok.

Hal ini akan terjadi pada 3-6 bulan usai melahirkan serta kebanyakan wanita akan mencapai pola pertumbuhan rambut normal.

Selama proses kehamilan, rambut berada di tahap pertumbuhan serta tahap kerontokan melambat. Hal ini akan menjadikan rambut lemas, keriting dan kering. Ini normal karena rerjadi perubahan hormonal. Kerontokan dapat terjadi sampai dua kali lipat dibandingkan ketika normal

Usai melahirkan, maka kadar hormon akan kembali normal dan siklus rambut normal berlanjut kembali.

Cara mengatasi kerontokan ini yaitu :

1. Makan sehat

Spesialis dermatologi bersertifikat FAAD Board Satish Bhatia mengatakan untuk memperbanyak makanan yang mengandung antioksidan untuk membantu memperkuat akar seperti stroberi, apel, plum, dan lain-lain.

2. Jaga kebersihan kulit kepala dan rambut

Menjaga kulit kepala tetap bersih dapat dilakukan dengan cara mencuci kulit kepala Anda dengan sampo anti-rambut rontok yang lembut.

Penggunaan kondisioner dapat menghindari kerusakan pada rambut.

3. Hindari menarik dan mengikat rambut

Menarik atau memgikat rambut dengan kencang akan membuat kulit kepala dan rambut Anda tegang sehinga membuat rambut Anda mudah rontok.

4. Suplemen vitamin

Beberapa suplemen dibutuhkan untuk membantu mendapatkan kembali kekuatan Anda usai melahirkan. Untuk menjaga rambut lebih penuh, maka anda harus memastikan mengkonsumsi vitamin B dan C secara teratur.

5. Hindari perawatan kimia

Anda harus menghindari perawatan kimia pada rambut seperti mewarnai, meluruskan, dan mengeriting rambut. Hal itu dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan